Find Us On Social Media :

Menonton Tingkah Laku Janin di Dalam Rahim Dengan Teknologi Moderen

Kita sekarang bisa menontok tingkah laku janin dengan jelas.

GridHEALTH.id -  Foto-foto hasil rekaman dari USG 3D mungkin sedikit dapat memenuhi rasa keingintahuan ibu (dan juga bapak tentunya) sekaligus menjadi bukti bahwa sebenarnya janin tidak hanya diam saja dalam rahim.

Menurut dr. Judi Januadi Endjun, SpOG., dari Divisi Kedokteran Fetomaternal FK UPN Veteran/RSPAD Gatot Soebroto, dengan teknologi kita bisa menonton janin di dalam Rahim dengan jelas.

Baca Juga : Agar Janin Sehat 5 Makanan Ini Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

Selain USG, ada alat yang disebut dengan fetoskopi. Hanya saja alat ini bukan untuk “ajang seru-seruan”. Asal tahu saja, tindakan fetoskopi mengundang risiko bagi ibu dan janin karena dilakukan dengan cara memasukkan sebatang pipa halus berisi kamera (dengan ujung yang berlampu) ke dalam air ketuban lewat sebuah insisi kecil di sebelah atas tulang pubis.

Sebuah lensa di dalam pipa memungkinkan pengamatan langsung pada janin.

Dengan begitu segala tingkahnya bisa disaksikan secara “live” di layar monitor.

Tapi sekali lagi tes ini hanya bisa dilakukan dengan alasan medis yang kuat—seperti kelainan darah atau abnormalitas otak pada janin---mengingat fetoskopi sudah menyerupai tindakan operasi; ada pembiusan, memasukkan alat ke dalam rongga rahim, dan lain-lain.”

Bila ibu dan bapak memang ingin menyaksikan dan berniat memiliki kenangan-kenangan mengenainya, USG 4 dimensi atau live 3D tampaknya merupakan sarana untuk itu.

Baca Juga : Penggunaan Ponsel Saat Hamil Ternyata Mengganggu Kesehatan Janin

Alat canggih yang setara dengan gambar 3D bergerak ini memungkinkan kita melihat perkembangan bayi sebelum ia dilahirkan: ketika bobotnya semakin berat, tubuhnya semakin panjang, kuku dan rambutnya mulai tumbuh, juga mulai muncul ciri-cirinya yang istimewa.

Misal, bayi mulai tersenyum, mengerutkan dahi, menguap, mengisap ibu jari, memainkan jari-jari, dan berinteraksi dengan lingkungannya dalam kandungan.

Biasanya USG 4D sudah bisa dilakukan di rumah sakit-rumah sakit (besar) dan disarankan pada janin yang berusia sekitar 7 bulan untuk mengetahui apakah pertumbuhan janin normal dan organnya lengkap atau tidak, secara lebih detail.