Find Us On Social Media :

Bahaya Kuku Panjang Bagi Kesehatan, Melukai Diri Hingga Rawan Infeksi

Bahaya kuku panjang bagi kesehatan, mulai melukai tubuh hingga menimbulkan infeksi.

GridHEALTH.id - Memiliki kuku panjang memang bisa membuat kuku terlihat cantik, tetapi bila tidak merawatnya, ada bahaya kuku panjang bagi kesehatan, yaitu mulai melukai diri hingga rawan infeksi.

Maka buat mereka yang waktunya sempit, atau malas mengurus kukunya, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu sebelum Moms memanjangkan kuku.

Baca Juga : Waspada Cat Kuku Dapat Sebabkan Infeksi pada Wajah dan Area Kewanitaan

Melansir India Times, penelitian terbaru yang dilakukan oleh Infectious Disease Society of America menemukan fakta, panjang kuku yang lebih dari tiga milimeter di luar ujung jari membawa bakteri dan ragi berbahaya.

Penelitian ini juga menemukan, banyak orang tidak mencuci tangan dengan cukup baik untuk menyingkirkan semua kuman di bawah kuku mereka.

Menurut Dr. Carol A. Kauffman, penulis penelitian ini, waktu mencuci tangan sebaiknya sekitar 15 detik, termasuk membersihkan area di bawah kuku.

Sebab, tangan bersentuhan dengan ratusan benda setiap hari, dan kita sering menggunakannya untuk kegiatan lain seperti memasak serta makan.

Baca Juga : Lima Hal Yang Harus Diingat Sebelum Membeli Polis Asuransi Kesehatan

Asal tahu saja, jika kuku kita panjang, berpotensi menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Berikut beberapa alasan mengapa ada bahaya kuku panjang untuk kesehatan;

- Kita berpotensi melukai diri sendiri ketika kuku tersangkut di ritsleting hingga jendela.