Find Us On Social Media :

Imunisasi HIB Wajib Sesuai Jadwal Agar Bayi Terhindar Radang Otak

Imunisasi HIB sesuai jadwal bermanfaat mencegah radang selaput otak pada bayi.

GridHEALTH.id- Selain soal jadwal imunisasi, yang kerap membingungkan para ibu ialah imunisasi HIB (Hemophilus Influenzae type B) .

Pasalnya, tak setiap dokter menganjurkan imunisasi ini. Beberapa dokter memang memandang imunisasi ini tak perlu.  Sebab, imunisasi yang dimaksudkan untuk menghindari radang selaput otak ini, harganya cukup mahal dan bukan termasuk imunisasi yang dijamin pemerintah.

Baca Juga : Imunisasi Kok Dicicil? Padahal Imunisasi Simultan Berikan Banyak Manfaat bagi Anak

Umumnya penyakit radang selaput otak banyak dijumpai di negeri dingin, seperti Australia, Amerika, atau negara-negara di Eropa.

Asal tahu saja, sebelum ada vaksinasi HIB, di Amerika dan Inggris, angka kematian karena infeksi kuman haemophilus type B pada bayi di bawah usia 6 bulan sangat tinggi.

Kuman ini menyerang bagian vital tubuh, yaitu selaput otak. "Tapi setelah imunisasi HIB ini dimasyarakatkan, angka kematian dan juga penyakitnya menurun drastis. Oleh sebab itu, vaksinasi ini dianjurkan. Terutama sebelum anak usia 6 bulan," terang dr. H. Hindra Irawan Satari, SpA, dari bagian anak RSUPN Cipto Mangunkusumo Jakarta seperti dikutip dari Tabloid Nakita.

Bagaimana di Indonesia? Angka kejadian secara nasional memang belum ada. Namun dari studi di beberapa daerah, seperti di Mataram, angka prevalensinya sekitar 3%, artinya kasus ini sudah ada.

Lalu dari beberapa studi lainnya di Jakarta, Tangerang, dan sekitarnya menunjukkan, ada bayi-bayi di bawah usia 6 bulan yang terkena radang selaput otak (meningitis) yang ternyata salah satunya diakibatkan kuman haemophilus type B tersebut.

Gejalanya jika bayi terkena infeksi radang selaput otak, "Demam tinggi bahkan bisa sampai 38,5 derajat C atau lebih. Rewel, tak mau menyusu, dan kalau sampai ke otak bisa saja timbul kejang, kesadarannya menurun, dan anak akan tidur terus."

Baca Juga : Siapa Sangka, Bukan Hanya Menunda Kehamilan, Pil KB Juga Bikin Cantik

Jika terlambat ditangani, bisa-bisa anak tak tertolong. Mula-mula, kuman menyerang bagian darah hingga akhirnya sampai ke otak dengan masa inkubasi satu minggu.