Find Us On Social Media :

Minum Obat Tanpa Air Seperti Pil, Benarkah Mengganggu Efektivitasnya?

Minum obat tanpa air akan mendatangkan masalah kesehatan dan mengurangi efektivitas obat.

GridHEALTH.id - Beberapa orang mengaku sering kali minum obat berupa pil atau tablet, tanpa minum (air).

Yang mereka lakukan adalah meminum obatnya dengan menggunakan pisang atau kue. Ya, kue atau biskuit sering juga menjadi pengantar minum obat. Bahkan ada juga yang "nekad", langsung menelan pil atau tablet tanpa pengantar apa pun.

Baca Juga : Siapa Sangka, Bukan Hanya Menunda Kehamilan, Pil KB Juga Bikin Cantik

Minum obat menjadi salah satu hal terberat bagi seseorang yang sedang sakit. Bukan karena rasa obat yang umumnya pahit, melainkan karena kesulitan menelan obat dalam bentuk pil.

Sehingga tidak jarang, ada sebagian orang yang meminta obat dibuat dalam bentuk puyer atau sirup atau sekelompok orang yang begitu mahir dalam menelan obat pil, sehingga tidak lagi memerlukan air untuk membantunya masuk ke kerongkongan.

Berbicara mengenai menelan pil tanpa air, sebenarnya hal tersebut dapat dikatakan cukup berbahaya bahkan fatal.

Melansir dari laman Reader Digest, menelan pil dengan air tidak hanya membuatnya lebih mudah, namun juga membantu mencegah pil tersangkut di kerongkongan, yang bisa menyebabkan lebih dari sekadar ketidaknyamanan.

Minum obat dengan air juga tidak mengganggu efektivitas obat mengingat obat akan lancar memasuki tubuh.

Baca Juga : Saat Hamil Tak Ada Masalah, Setelah Putrinya Lahir Baru Ketahuan Idap Penyakit Langka, Disentuh Saja Bisa Membuatnya Meninggal

Dokter keluarga, Jennifer Caudle menuturkan, "Obat-obatan yang tersimpan di kerongkongan sangat mungkin menyebabkan peradangan dan iritasi.