Find Us On Social Media :

Punya Balita di Rumah, Apa Yang Harus Tersedia di Kotak Obat P3K?

Kotak obat P3K seyogyanya ada di setiap rumah untuk mengatasi kemungkinan terjadinya insiden di rumah.

GridHEALTH.id - Kotak P3K perlu ada di setiap rumah mengingat insiden kecelakaan atau anggota keluarga ada yang sakit mendadak bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja.

Kotak P3K jadi tempat persediaan obat darurat yang penting saat kita perlu mengatasi berbagai jenis kondisi darurat medis yang muncul di rumah.

Baca Juga : Handphone Meledak Karyawati Diskominfo Luka Robek di Pipi, Begini Pertolongan Pertama yang Menyelamatkan Nyawa

Contohnya cedera ringan, anak terserang diare, anak demam, hingga penyakit yang lebih serius, kotak P3K bisa membantu menurunkan risiko keparahan yang lebih tinggi.

Kotak P3K membantu kita menyimpan semua kebutuhan obat-obatan di satu tempat yang diketahui seluruh anggota keluarga. Hal ini membantu kita untuk tidak membuang waktu saat mencari-cari obat.

Namun kotak obat ini jangan sampai mudah dijangkau anak, bila perlu dilengkapi dengan kunci yang tidak mudah dibuka, terutama oleh anak. Hindari pula penempatan kotak di dalam ruangan yang terlalu lembap, seperti  di kamar mandi.

Pilihlah kotak obat P3K  yang terbuat dari bahan tahan air dan tahan banting dengan ukuran yang dapat menampung botol standar obat-obatan.

Berikut ini adalah beberapa perlengkapan penting yang dianjurkan untuk dipersiapkan di dalam kotak P3K di rumah yang ada balitanya;

Baca Juga : Pangeran Louis Genap 1 Tahun, Saat Hamil Kate Middleton Pernah Alami Gangguan Kehamilan yang Bisa Sebabkan Komplikasi!

- Termometer. Bentuk yang digital dapat mengukur suhu tubuh anak dengan cepat. Akan lebih baik lagi jika ada termometer telinga/tympanic, sehingga lebih praktis diterapkan kepada balita yang sulit duduk tenang.

Hindari untuk menggunakan termometer kaca yang menggunakan merkuri, karena termometer jenis ini berisiko pecah, pecahan kaca dan merkuri yang sangat beracun dapat membahayakan anak.