Find Us On Social Media :

KLB Hepatitis A di Pacitan: Begini Cara Mencegah Penularan Hepatitis

Ratusan warga Pacitan terserang Hepatitis A, begini cara mencegah penularannya.

 

GridHEALTH.id - Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, menetapkan kejadian luar biasa (KLB) menyusul temuan lebih dari 800 warganya terjangkit penyakit hepatitis A selama dua pekan terakhir. Jumlah ini diperkirakan akan terus bertambah seiring sebaran yang terus meluas.

Baca Juga: KLB Hepatitis A di Pacitan Jatim, Indikasi Masih Rendahnya Kebersihan dan Kesadaran Masyarakat Akan Kesehatan Juga Vaksinasi

Hanya dalam kurun waktu dua pekan, penyakit hepatitis A, atau biasa disebut penyakit kuning, menyebar luas dengan sangat pesat di sejumlah kecamatan di Pacitan, Jawa Timur.

Terdapat enam kecamatan yang teridentifikasi menjadi sebaran penyakit kuning, yakni Kecamatan Sudimoro, Ngadirojo, Tulakan, Tegalombo dan Arjosari.

Dari lima kecamatan tersebut, penderita hepatitis tertinggi berada di Kecamatan Sudimoro, yakni mencapai 481 orang lebih.

Sementara di Kecamantan Ngadirojo ada 137 orang dan Kecamatan Tulakan ada 54 orang dan sisanya tersebar di dua kecamatan yang lain.

Camat Sudimoro, Wawan Pujiatmoko, menyebut penyakit itu kini menyebar di sepuluh desa di Kecamatan Sudimoro.

Baca Juga: Makan Buah Sangat Baik Untuk Kesehatan, Tapi 4 Jenis Buah Ini Kurang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan Eko Budiono mengatakan jumlah kasus hepatitis A dimungkinkan akan terus bertambah seiring sebaran yang terus meluas hingga sekarang.