Find Us On Social Media :

Setelah Pacitan Sekarang Trenggalek Terkena Wabah Hepatitis A, Ini Gejalanya

Menyebar hingga Trenggalek, ini 5 macam tipe hepatitis

GridHEALTH.id - Beberapa waktu lalu, penyakit hepatitis A yang menyerang warga Pacitan, Jawa Timur ditetapkan menjadi kejadian luar biasa (KLB).

Kabarnya, ada hampir ribuan warga Pacitan mengalami wabah hepatitis A, tepatnya sekitar 975 orang terserang wabah tersebut.

Baca Juga: KLB Hepatitis A di Pacitan Jatim, Indikasi Masih Rendahnya Kebersihan dan Kesadaran Masyarakat Akan Kesehatan Juga Vaksinasi

Namun, menurut Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Jatim, Kohar Hari Santoso memastikan banyaknya warga di Trenggalek yang terserang Hepatitis A tidak ada hubungannya dengan wabah serupa yang terjadi di Kabupaten Pacitan.

"Kalau dilihat datanya, di Trenggalek kan mulai menyerang dari bulan Januari sampai Mei sementara di Pacitan bulan kemarin, jadi justru lebih dulu Trenggalek," kata Kohar, Selasa (2/7/2019), mengutip Tribunnews.

Selain itu, data yang dihimpun di Kabupaten Trenggalek adalah data dari rumah sakit, bukan temuan di lapangan seperti yang ditemukan di Pacitan.

Baca Juga: Baribe Kumalasari Rutin Jalani 6 Program Kecantikan Mahal, Disingkap Oleh Mbak You Tentang Galih Ginanjar

Seperti diketahui, selama Januari hingga Mei 2019, sebanyak 227 penderita hepatitis A dirawat di RSUD dr Soedomo Kabupaten Trenggalek.