Find Us On Social Media :

Sayuran yang Ditumis Lebih Jadi Makanan Sehat Dibanding Sayuran Rebus

Sayur yang ditumis dengan minyak zaitun dianggap menjadi makanan sehat dibanding direbus atau dikukus.

 
GridHEALTH.id-  Menumis adalah teknik memasak dengan sedikit minyak dan air, biasanya di wajan. Nantinya makanan yang dihasilkan tidak berkuah atau hanya sedikit kuahnya.

Sementara merebus adalah teknik memasak dengan jumlah air panas yang cukup banyak, lalu bahan makanan dan bumbu dimasukkan ke dalamnya.

Pada umumnya, semua sayuran bisa ditumis maupun direbus. Banyak orang yang menganggap bahwa sayuran yang direbus menjadi makanan sehat dibanding ditumis karena tidak menggunakan minyak sama sekali. Namun rupanya hal ini tak selamanya atau mutlak seperti itu.

Para ahli  menemukan bahwa memasak atau menumis dengan minyak sayur memang meningkatkan risiko kanker, tetapi hal ini bisa dicegah dengan menggunakan minyak zaitun.

Bahkan, dengan minyak zaitun, nutrisi di dalam sayuran bisa meningkat.

Proses menggoreng dengan minyak zaitun ditemukan dapat meningkatkan senyawa antioksidannya yang bermanfaat untuk tubuh, dibandingkan dengan proses direbus dengan air.

Baca Juga: Ingin Diet Berhasil? Waktu Mengonsumsi Suatu Makanan Juga Penting

Profesor Cristina Samaniego Sanchez dari University of Granada di Spanyol mengatakan bahwa menumis dengan minyak zaitun dapat menjadi makanan sehat karena meningkatkan kadar fenolik pada sayuran.