Find Us On Social Media :

Sering Dianggap Tanaman Liar, Takokak Bantu Meredakan Asam Urat

Takokak adalah tumbuhan dari suku terung-terungan (Solanaceae) yang buah dan bijinya dipakai sebagai sayuran atau bumbu dan pengobatan.

GridHEALTH.idTakokak atau terung pipit (Solanum torvum Sw.) adalah tanaman yang mungkin disepelekan. Kadang tanaman ini tumbuh liar dan dianggap gulma, bahkan tidak pernah dilirik oleh kita. Tapi tanaman ini ternyata banyak manfaatnya.

Baca Juga: Belum Tentu Bikin Sehat, Pelajari Dulu Kandungan Obat Herbal Sebelum Dikonsumsi

Takokak adalah tumbuhan dari suku terung-terungan (Solanaceae) yang buah dan bijinya dipakai sebagai sayuran atau bumbu dan pengobatan.

Nama lain di daerah-daerah adalah rimbang (Minangkabau),  cepoka, cokowana, pokak  dan tekokak.

Takokak merupakan buah yang bentuknya mirip ranti atau leunca dalam bahasa  Sunda karena memang keduanya masih berada dalam genus yang sama, Solanum. Bedanya, buah takokak memiliki kulit yang lebih tebal dibanding kulit buah ranti/ leunca.

Selain itu, daun takok juga memiliki daun yang besar dan kasar serta batangnya berduri. Sedangkan leunca memiliki daun yang kecil, licin, dan batangnya tidak berduri. Dari rasanya, takokak memiliki rasa yang getir sedangkan leunca pahit agak manis.

Baca Juga: Anak Dede Sunandar Idap Penyakit Langka Sindrom William, Organ Jantung Paling Kena Dampaknya

Mungkin karena kaitannya dengan rasa, masyarakat kita lebih akrab dengan leunca dibanding takokak sehingga leunca banyak dibudidayakan, dan takokak dibiarkan tumbuh liar.

Berdasarkan penelitian para ahli, takokak ternyata memiliki banyak khasiat sehingga, selain mengenyangkan, juga bisa dijadikan sebagai obat alternatif.