Find Us On Social Media :

Studi : Berenang, Bersepeda, dan Jalan Kaki, 3 Olahraga Terbaik Untuk Penderita Hipertensi

Bersepeda salah satu olahraga terbaik untuk penderita hipertensi.

GridHEALTH.id -  Tekanan Darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup sering terjadi di kalangan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Mengukur Tekanan Darah di Rumah Hasilnya lebih Valid daripada di Klinik, Ini Alasannya

Menurut data World Health Organization (WHO) pada 2015, ada 1,13 miliar orang di dunia dengan hipertensi.

Itu artinya 1 dari 3 orang di dunia hidup dengan kondisi tekanan darah tinggi. Padahal kondisi ini merupakan pintu masuk penyakit jantung dan pembuluh darah.

Hipertensi tidak bisa dianggap remeh karena berdampak pada aneka gangguan kesehatan, misalnya stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.

Risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi akan meningkat seiring bertambahnya usia seseorang. Tetapi dengan kita rajin berolahraga secara teratur, risiko tersebut dapat diturunkan secara drastis.

Dari sekian banyak jenis olahraga, ada beberapa yang lebih direkomendasikan karena memiliki efek yang sangat bagus dalam mengontrol tekanan darah.

Menurut studi ilmiah, berikut adalah tiga olahraga terbaik bagi mereka yang tidak ingin mengalami atau sudah menderita darah tinggi agar bisa segera teratasi;

Baca Juga: Orang Dewasa Juga Bisa Kekurangan Gizi, Ini Tanda-tandanya

1. Berenang

Dikenal sebagai salah satu bentuk latihan jantung yang baik dan berintensitas rendah yang dapat dilakukan oleh kebanyakan orang, terutama manula.