Find Us On Social Media :

Tiga Penyebab Skizofrenia, Lingkungan Bisa Memberikan Pengaruh

Para peneliti yakin adanya beberapa faktor yang berkontribusi terhadap munculnya skizofrenia.

GridHEALTH.id - Skizofrenia merupakan gangguan mental kronis yang mempengaruhi cara seseorang untuk berpikir, merasa, dan berperilaku.

Baca Juga: Susah Disembuhkan, Buruknya Pola Asuh Bisa Sebabkan Anak Derita Skizofrenia

Penderita skizofrenia akan kesulitan untuk membedakan antara realitas dan pikirannya sendiri, sehingga ia tampak seperti kehilangan kontak dengan kehidupan aslinya.

Gangguan skizofrenia bisa berkembang lambat dan baru diketahui setelah bertahun-tahun. Tapi, dalam beberapa kasus lain, gangguan ini menyerang secara tiba-tiba dan berkembang dengan cepat.

Skizofrenia bisa menyerang siapa saja. Penyakit mental yang mengganggu pikiran dan persepsi ini kerap menyerang individu berusia 16-30 tahun.

Penyakit skizofrenia menyerang sekitar lebih dari 23 juta orang di dunia. Sementara di Indonesia, prevalensi gangguaan jiwa berat seperti skizofrenia mencapai sekitar 400 ribu orang.

Meski sampai saat ini belum diketahui secara pasti penyebab skizofrenia, namun para peneliti yakin adanya beberapa faktor yang berkontribusi terhadap  gangguan jiwa ini. Berikut beberapa faktor tersebut seperti dikutip dari Hello Sehat;

Baca Juga: Demi Selembar Pembalut, Siswi di Desa Terpencil Harus Lakukan Hal Tak Lazim yang Membahayakan Masa Depan

1. Genetik

Para dokter berpikir kemungkinan adanya mutasi genetik yang membuat seseorang berisiko mengidap skizofrenia.