Find Us On Social Media :

Indonesia Peringkat ke-3 Dunia dalam Jumlah Penderita Tuberkulosis (TBC), Padahal Penyakit Ini Bisa Dicegah dan Ada Obatnya

TBC pada paru ditandai dengan durasi batuk berdahak lebih dari dua minggu.

GridHEALTH.id - Hingga saat ini penyakit Tuberkulosis (TB – seringkali disebut dengan TBC) masih menjadi masalah kesehatan di seluruh dunia.

Sedihnya Indonesia menduduki peringkat ketiga di dunia dalam jumlah kasus TB.

Baca Juga: Youtuber Nekat, Makan Mi Dicampur Detergen Hingga Mulutnya Berbusa, Ususnya Langsung Bersih Bebas Noda

World Health Organization (WHO) Global TB Report 2018 memperkirakan kasus TB di Indonesia sebesar 842.000 kasus, dimana kasus MDR-TB diperkirakan sebanyak 23.000 kasus.

Ini tentunya menjadi masalah dan PR kita bersama, dan tentunya pemerintah.

Asal tahu saja, TB adalah salah satu dari 10 penyebab utama kematian di seluruh dunia.

* 2017, 10 juta orang jatuh sakit dengan TB, dan 1,6 juta meninggal karena penyakit ini (termasuk 0,3 juta di antara orang dengan HIV).

* TB adalah pembunuh utama orang HIV-positif.

* 2017, diperkirakan 1 juta anak jatuh sakit dengan TB dan 230.000 anak meninggal karena TB (termasuk anak dengan TB terkait HIV).

Baca Juga: Ashanty Didiagnosis Idap Penyakit Autoimun Akibat Sering Lupa dan Sakit Kepala, Kinerja Otak Menurun Bisa Sebabkan Penyakit Jenis Ini

* TB yang resistan terhadap multi-obat (TB-MDR) tetap menjadi krisis kesehatan masyarakat dan ancaman keamanan kesehatan.

* WHO memperkirakan ada 558.000 kasus baru dengan resistansi terhadap rifampisin - obat lini pertama yang paling efektif, di mana - 82% memiliki TB-MDR.