Find Us On Social Media :

Sedang Jadi Tren, Posisi Satu Menit 'Plank' Untuk Manfaat Kesehatan

Melakukan plank selama 30 detik atau satu menit dapat meningkatkan kebugaran secara menyeluruh.

GridHEALTH.id - Mereka yang sering melakukan olahraga yoga atau pilates, mungkin tidak asing lagi dengan posisi plank atau papan.

Baca Juga: Wanita Jangan Takut Latihan Beban, Bisa Turunkan Risiko Kanker Usus

Tetapi kini, tanpa melakukan yoga atau pilates, melakukan plank sedikitnya selama satu menit sedang menjadi tren di kalangan selebriti Hollywood.

Alasannya sederhana, melakukan plank selama 30 detik atau satu menit dapat meningkatkan kebugaran secara menyeluruh.

Sederhananya, papan adalah latihan berat badan isometrik yang meningkatkan ketahanan inti. (Isometrik berarti tidak ada gerakan yang terlibat.)

"Papan (plank) - seperti halnya latihan inti yang baik - tidak bekerja untuk memperkuat, tetapi bekerja untuk meningkatkan daya tahan otot," kata Marian Barnick, seorang ahli kinesiologi dan terapis gerakan kanker terdaftar di Toronto.

Sementara kekuatan otot mengacu pada jumlah kekuatan yang dapat diberikan oleh otot atau seberapa banyak berat yang dapat diangkat, ketahanan otot mengacu pada kemampuan otot untuk menahan kontraksi yang berkelanjutan untuk periode waktu yang lebih lama.

Baca Juga: Hati-hati Gunakan Tetes Mata Sebab Berisiko Timbulkan Glaukoma 

Kita membutuhkan keduanya untuk menjaga otot tetap dalam kondisi terbaiknya. Kekuatan memberi kita kekuatan untuk mengerahkan kekuatan maksimal (berpikir mengangkat kotak yang berat).