Find Us On Social Media :

Hampir Seminggu Didi Kempot Meninggal, ‘Code Blue Asma’ Masih Jadi Tagar, Ini Arti Kode Biru di Rumah Sakit

Didi Kempot meninggal dunia, diduga akibat asma. Tagar code biru asma masih menggema.

GridHEALTH.id - Banyak pihak yang menyebut Didi Kempot yang meninggal dunia di IGD RS Kasih Ibu, Solo, karena 'code blue asma. '

Didi memang diketahui memiliki riwayat penyakit asma. Setiap tampil di atas panggung, kata sang adik Eko Gudel, kakaknya itu selalu membawa inhaler atau alat bantu pernapasan.

Apa itu "code blue"? Rumah sakit menggunakan kode tertentu untuk mengingatkan staf medis tentang kondisi darurat atau peristiwa lainnya.

Kode ini memungkinkan petugas rumah sakit yang terlatih untuk merespons peristiwa dengan cepat dan tepat. Kode-kode ini dapat dikomunikasikan melalui interkom di rumah sakit atau langsung ke staf yang menggunakan perangkat komunikasi.

Kode juga dapat membantu mencegah kekhawatiran atau panik oleh pengunjung dan orang-orang yang dirawat di rumah sakit.

 Kode paling umum di rumah sakit terdiri dari kode biru, merah, dan hitam.  Kode biru (code blue) menunjukkan keadaan darurat medis seperti serangan jantung atau pernapasan.

Baca Juga: Didi Kempot Meninggal Dunia Diduga Serangan Jantung, Kenali 3 Jenis Serangan Jantung Paling Berisiko Kematian

Baca Juga: Bau Mulut di Bulan Puasa, Begini Cara Mengusirnya

Kode merah berarti terdapat api atau asap di rumah sakit. Sedangkan, kode hitam berarti ada ancaman bom terhadap fasilitas tersebut.