Find Us On Social Media :

Studi: Orang Sehat Tak Perlu Mengonsumsi Aspirin Setiap Hari Untuk Cegah Penyakit Jantung

Orang sehat tak perlu minum aspirin setiap hari guna menghindari penyakit jantung.

GridHEALTH.id - Masih mengonsumsi aspirin setiap hari untuk menangkal serangan jantung? Mohon berpikir ulang karena menurut studi terbaru, ternyata hal ini sia-sia dan tidak berlaku bagi orang yang sehat.

Aspirin masih merupakan salah satu obat yang paling umum digunakan di dunia, meskipun tidak lagi direkomendasikan sebagai pencegahan oleh banyak otoritas kesehatan.

Tidak ada bukti bahwa aspirin dosis rendah - kurang dari 325 miligram per hari - harus dikonsumsi oleh kebanyakan orang dewasa dalam kesehatan kardiovaskular yang baik, menurut sebuah tinjauan baru dari penelitian yang ada yang diterbitkan Rabu (03/06/20) di British Journal of Clinical Pharmacology.

Ulasan, yang berfokus pada risiko dan manfaat aspirin harian dosis rendah, menemukan bahwa risiko peristiwa pendarahan besar sebagai akibat efek pengencer darah obat lebih besar daripada manfaatnya.

Panduan AS tentang dosis harian aspirin berubah tahun lalu, dengan American College of Cardiology dan American Heart Association merekomendasikan aspirin setiap hari hanya untuk pasien yang pernah mengalami serangan jantung, stroke atau operasi jantung terbuka. Nasihat di Inggris serupa.

Analisis terbaru ini, yang mengamati 67 studi, menemukan bahwa penggunaan aspirin dosis rendah pada orang tanpa penyakit kardiovaskular dikaitkan dengan insiden 17% lebih rendah dari kejadian kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke.

Baca Juga: Studi: Satu Tablet Aspirin Setiap Hari Dikonsumsi Ibu Hamil Dapat Menurunkan Risiko Kelahiran Prematur

Baca Juga: Hindari Dampak Interaksi Obat dan Makanan, Minum Obat Ada Aturannya

Namun, itu juga dikaitkan dengan risiko perdarahan gastrointestinal 47% lebih tinggi dan risiko perdarahan 34% lebih tinggi di otak.