Find Us On Social Media :

Makanan Keasinan, Begini Cara Mengurangi Kelebihan Garam dalam Makanan

By Soesanti Harini Hartono, Senin, 15 Juni 2020 | 18:10 WIB

Masakan yang keasinan selain berbahaya bagi kesehatan juga menghilangkan selera makan. Ada trik bila makanan keasinan.

GridHEALTH.id -  Sudah lama diketahui bahwa konsumsi garam terlalu banyak bisa menyebabkan stroke dan penyakit jantung.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa pola makan kelebihan garam memengaruhi kerja otak pada tikus, dan hal tersebut juga bisa berpengaruh sama pada manusia.

Costantino Ladecola, direktur Feil Family Brain and Mind Research Institute di Weill Cornell Medicine, New York (Amerika Serikat), mengatakan bahwa mereka sudah memberi tikus garam 8 sampai 16 kali dari kadar normal.

Menderita tekanan darah tinggi adalah tanda yang jelas bahwa kemungkinan besar selama ini pola makan kelebihan konsumsi garam.

 

Memang garam adalah bahan penting dalam masakan kita. Buah-buahan, memasak daging atau sayuran yang dan bahkan permen, menggunakan garam untuk meningkatkan rasa.

Namun bukan berarti kita harus menambahkan banyak garam agar masakan kita lezat. Selain berbahaya bagi kesehatan, makanan yang keasinan juga bikin hilang selera. 

Jika masakan berakhir dengan banyak rasa asin alias keasinan jangan khawatir, ada cara untuk membalikkan situasi ini dan mengembalikan keseimbangan rasa dalam hidangan. Berikut triknya dilansir dari Times of India.

Baca Juga: 7 Tanda Tubuh Kelebihan Garam, Salah Satunya Sering Pusing Kepala

Baca Juga: Terapi Plasma Darah Dinilai Tak Efektif Tekan Kesembuhan Korban, Trump Perintahkan Vaksin Virus Corona Harus Segera Ditemukan

1. Tambahkan air

Jika kita telah menambahkan garam ekstra ke dalam sup, sup, atau kari, cukup menambahkan lebih banyak air dapat membantu.