Find Us On Social Media :

4 Tanda Mengejutkan Dari Sistem Imunitas Tubuh yang Melemah

Pilek, luka dan kelelahan mungkin berarti kita tidak memiliki cukup sel sistem kekebalan atau tidak berfungsi dengan baik.

GridHEALTH.id - Cara utama untuk menjauhkan virus corona yang mematikan dari tubuh kita adalah dengan menjaga jarak sosial dan memakai masker.

Tetapi menjaga sistem kekebalan kita tetap aktif dan bekerja, siap untuk melawan infeksi apa pun yang datang juga penting.

Sistem kekebalan yang melemah tidak hanya membuat kita lebih rentan terhadap penyakit pernapasan seperti Covid-19, yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, tetapi juga berbagai masalah kesehatan dan penyakit mikroba lainnya yang hanya akan memperburuk situasi, yang mungkin mengakibatkan hasil yang mematikan.

Spesialis penyakit dalam Tevfik Rıfkı Evrenkaya mengatakan blok bangunan pertahanan yang kuat adalah makan makanan yang sehat dan seimbang, mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas, belajar mengelola stres, menghindari merokok dan alkohol, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan yang sehat dan memperhatikan kebersihan makananserta kebersihan pribadi.

Baca Juga: Waspadai Nyeri Kronik, Terlihat ‘Sepele’ Tapi Bisa Timbulkan Gangguan Jiwa

Baca Juga: Tidak Disarankan Mengonsumsi Kopi Saat Haid, Ternyata Ini 5 Alasannya

Namun, tanpa dasar yang kuat, bahkan jika kita mengikuti setiap aturan kesehatan dalam buku ini, tubuh  tidak akan mampu melawan infeksi dan penyakit, Evrenkaya memperingatkan. Di sini, kuncinya adalah mendengarkan tubuh kita.