Find Us On Social Media :

Diabulimia Pada Penyandang Diabetes, Gangguan Makan Akibat Depresi dan Penyalahgunaan Insulin

Diagnosis diabulimia yang paling sering ditemukan pada penyandang diabetes adalah binge eating disorder (BED) dan bulimia nervosa.

GridHEALTH.id - Penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan diabetes tipe 1 2,4 kali lebih mungkin mengalami gangguan makan dibandingkan wanita tanpa diabetes, dan 1,9 kali lebih mungkin mengembangkan gangguan makan.

Jika seorang penyandang diabetes mengalami gangguan makan atau menyalahgunakan insulin untuk menurunkan berat badan, kondisi tersebut sering disebut dengan diabulimia.

Diabetes adalah penyakit yang terjadi ketika glukosa darah seseorang terlalu tinggi akibat masalah hormon insulin.

Saat makanan dimakan, tubuh mengubahnya menjadi glukosa yang masuk ke aliran darah. Insulin adalah hormon yang dibuat oleh pankreas yang membantu mengubah glukosa menjadi energi yang dapat digunakan oleh sel-sel tubuh.

Tanpa sistem insulin yang berfungsi dengan baik, tubuh tidak dapat memecah glukosa. Gula menetap di dalam aliran darah dan bisa sangat berbahaya.

Tidak sengaja mengonsumsi atau menyalahgunakan insulin untuk menurunkan berat badan adalah perilaku pembersihan unik yang tersedia untuk individu dengan diabetes tipe 1.

Baca Juga: Kebanyakan Gula Atau Kebanyakan Garam, Mana Lebih Berbahaya?

Baca Juga: 7 Rempah Didalam Wedang Uwuh, Membantu Menuntaskan Gangguan Haid

Hal ini dapat dicapai dengan mengurangi dosis insulin yang diresepkan, menghilangkan insulin sepenuhnya, menunda dosis yang sesuai, atau memanipulasi insulin itu sendiri untuk membuatnya tidak aktif.