Find Us On Social Media :

Pemeriksaan Antenatal Selama Pandemi Covid-19 Tetap Perlu Dilakukan

Pemeriksaan antenatal atau pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan secara telemedicine selama pandemi Covid-19.

GridHEALTH.id – Ibu berperan penting dalam mengupayakan potensi anak sejak masih dalam kandungan. Salah satu upaya itu dengan pemeriksaan kehamilan/antenatal yang terpadu atau ANC (Antenatal Care) yang terintegrasi.

Pelayanan antenatal terpadu adalah pelayanan antenatal komprehensif dan berkualitas yang diberikan kepada semua ibu hamil. Terpadu dengan program lain yang memerlukan intervensi selama kehamilan.

Secara umum ANC terpadu bertujuan memenuhi hak setiap ibu hamil memperoleh pelayanan antenatal yang berkualitas. Sehingga mampu menjalani kehamilan dengan sehat, bersalin dengan selamat, dan melahirkan bayi yang sehat.

Pelayanan ANC terpadu secara khusus bertujuan menyediakan pelayanan antenatal terpadu, komprehensif, dan berkualitas. Termasuk konseling kesehatan ibu hamil, konseling gizi , konseling KB pasca persalinan dan pemberian ASI.

Serta mendeteksi secara dini kelainan atau penyakit yang diderita ibu hamil. Sehingga mampu untuk melakukan intervensi terhadap kelainan atau penyakit tersebut sedini mungkin.

Selain itu mampu melakukan rujukan kasus ke fasilitas pelayanan kesehatan sesuai dengan sistem rujukan yang ada secara cepat dan tepat waktu.

Baca Juga: Hamil 'Bayi Pelangi', Antara Gembira dan Waswas, Ini yang Perlu Dilakukan Agar Kehamilan Sehat

Baca Juga: Mari Mengintip Kandungan Kimia yang Ada Dalam Pil KB, Apa Saja?

Baca Juga: Musim Hujan dan Cuaca Dingin Sering Alami Pilek, Ini Jawabannya

Mengapa ibu hamil harus ANC? Hal ini untuk menjamin kesehatan dan keselamatan ibu dan bayi selama proses kehamilan, persalinan, hingga masa nifas.