Find Us On Social Media :

5 Kebiasaan Makan yang Secara Mengejutkan Bisa Meningkatkan Gula Darah

Kafein di dalam kopi, apabila dikonsumsi melebihi kebutuhan, dapat menyebabkan kenaikan gula darah.

GridHEALTH.id - Menjaga gula darah pada level normal memberi keuntungan bagi kesehatan.

Jika kadar gula darah tak seimbang, dan terus-menerus merasa lapar, atau gelisah dan gemetar, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter karena bisa jadi itu merupakan tanda munculnya diabetes.

Selama ini, kita berpikiran bahwa semua yang manis dapat meningkatkan gula darah. Bahkan beberapa jenis buah manis memang dapat meningkatkan gula darah.

Padahal. kenaikan gula darah dapat disebabkan oleh hal lain yang sering tidak kita duga.

Untuk diketahui, gula darah bermuara pada insulin (hormon gula, sebagaimana banyak orang menyebutnya), yang juga menyimpan lemak dan mengeluarkan glukosa ke dalam sel.

Insulin bukanlah musuh kita saat kita merawatnya. Ini dapat membantu menjaga energi agar tetap stabil, tetapi kuncinya adalah memperlambatnya agar tetap berjalan, bukan membuatnya seperti rollercoaster yang naik dan turun dengan cepat.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut beberapa hal yang mungkin tidak disadari bisa memengaruhi gula darah;

Baca Juga: Penyandang Diabetes Wajib Punya Glukometer Untuk Pemantauan Glukosa Darah Mandiri (PGDM) Agar Terhindar Dari Kematian

Baca Juga: Kecil Tapi Mematikan, Semua Virus Corona di Dunia Bisa Masuk ke Dalam Satu Kaleng Soda

1. Terlalu banyak kafein

Kafein juga meningkatkan insulin jika dikonsumsi secara berlebihan. Sementara secangkir (atau bahkan dua cangkir) kopi sehari sebenarnya bermanfaat untuk insulin, lebih dari itu dapat menyebabkan gula darah meroket.