Find Us On Social Media :

Tekanan Darah Tinggi, Mengenal Hipertensi Labil dan Gejalanya

Waspadai hipertensi labil, dimana terjadi kenaikan tekanan darah tinggi secara tiba-tiba padahal selama ini normal.

GridHEALTH.id - Hipertensi labil adalah ketika tekanan darah  tiba-tiba dan berulang kali berubah dari normal menjadi sangat tinggi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi, yang disebut sebagai "silent killer", adalah penyakit umum yang menyerang jutaan orang di seluruh dunia.

Tekanan darah tinggi adalah ketika tekanan darah yang mendorong dinding pembuluh darah Andaai tekanan darah tinggi.

Pada hipertensi labil, perubahan ini jauh lebih besar dari biasanya. Hipertensi labil adalah ketika tekanan darah  terus berfluktuasi dari normal ke tingkat tinggi yang tidak normal.

Dengan kata lain, ini mengacu pada peningkatan tekanan darah secara tiba-tiba. Ini biasanya disebabkan oleh situasi stres yang menyebabkan kecemasan. Namun, ada banyak faktor lain yang berkontribusi pada timbulnya hipertensi labil.

Dr. Deepak L. Bhatt, M.D., M.P.H. dari Harvard Health menyebutkan beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan timbulnya masalah hipertensi labil yaitu makan makanan tinggi natrium, konsumsi kopi yang berlebihan, kurang tidur, kurangnya aktivitas fisik dan obat antiinflamasi nonsteroid.

Baca Juga: Saran Dokter, Aturan Olahraga Aman untuk Penyandang Hipertensi

Baca Juga: Ngeri, Tes Acak yang Dilakukan Ke Pemudik Temukan 4123 Kasus Positif Covid-19!

Menurut Dr. Deepak, “Cara terbaik untuk mendiagnosis hipertensi labil adalah dengan pemantauan tekanan darah rawat jalan. Anda memakai perangkat yang secara otomatis mengukur tekanan darah Anda setiap 15 hingga 30 menit di siang hari dan setiap 30 hingga 60 menit di malam hari.