Find Us On Social Media :

Pasien Penyakit Jantung Lebih Berisiko Menyandang Diabetes, Studi

Pasien dengan gangguan jantung tiga kali lebih mungkin mengembangkan penyakit diabetes.

GridHEALTH.id - Satu penelitian di Perancis yang dilakukan pada 2019 menemukan, hampir 30%  pasien dengan penyakit arteri koroner memiliki diabetes.

Itu dibandingkan dengan prevalensi diabetes sekitar 9%  pada populasi umum. Ada variasi geografis yang luas, dengan 60% pasien penyakit jantung di negara-negara Teluk menyandang diabetes dibandingkan dengan 20% di Eropa.

“Obesitas dan kurang olahraga merupakan faktor risiko umum untuk diabetes dan penyakit jantung dan hasil kami menyoroti kebutuhan mendesak untuk meningkatkan nutrisi dan meningkatkan tingkat aktivitas secara global,” kata penulis studi Dr Emmanuelle Vidal-Petiot dari Rumah Sakit Bichat-Claude Bernard, Paris, Perancis, dikutip dari Le Monde Soir (17/07/2021)

Vidal-Petiot menambahkan, “Negara-negara yang paling parah terkena diabetes juga berada di pusat epidemi obesitas, yang sebagian dapat dikaitkan dengan urbanisasi dan perubahan terkait dalam aktivitas fisik dan asupan makanan.”

Ini adalah analisis dari registri CLARIFY, yang mencakup 32.694 pasien dengan sindrom koroner kronis dari 45 negara di Eropa, Asia, Amerika, Timur Tengah, Australia, dan Afrika.

Pasien terdaftar dari 2010 hingga 2018 dan ditindaklanjuti setiap tahun selama lima tahun.

Baca Juga: 5 Olahraga untuk Penyandang Diabetes Lansia Agar Sehat dan Bugar

Baca Juga: China Tolak Permintaan WHO Untuk Penyelidikan Kedua Tentang Asal-usul Covid-19

Semua hasil klinis yang merugikan diukur dalam penelitian ini terjadi lebih sering di antara pasien jantung dengan diabetes dibandingkan dengan mereka yang tidak diabetes.