Find Us On Social Media :

Luka Diabetes 'Basah' dan 'Kering' Berisiko Timbulkan Komplikasi Parah yang Disebut Gangren

Pengobatan luka diabetes basah dan kering harus ditangani segera agar tidak timbul gangren.

GridHEALTH.id - Luka kaki pada penyandang diabetes tidak boleh diabaikan karena ada konsekuensi yang sangat serius jika luka kaki tidak sembuh dengan baik.

Luka yang tidak sembuh dengan baik dan dibiarkan terbuka dapat membentuk ulkus kaki yang selanjutnya meningkatkan risiko terjadinya infeksi.

Memang, jika luka terinfeksi, amputasi adalah risiko yang sangat nyata jika tindakan medis tidak dilakukan dengan cepat, sebagai akibat dari komplikasi parah seperti gangren.

Untuk diketahui, gangren adalah kondisi luka serius pada penyandang diabetes yang muncul dalam dua jenis, yang dikenal sebagai gangren "basah" dan "kering".

Keduanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau masalah kesehatan yang sudah ada sebelumnya. Sayangnya, penyandang diabetes berisiko terhadap kedua jenis tersebut.

Gangren disebabkan oleh kurangnya aliran darah ke bagian tubuh tertentu, sehingga diabetes dapat menyebabkan gangren "kering" dengan merusak pembuluh darah.

Baca Juga: Pengobatan Rumahan Bagi Penyandang Diabetes 'Basah' Luka Sulit Kering

Baca Juga: Benar atau Salah?10 Kesalahpahaman Umum Tentang Asma Wajib Diketahui

Penyandang diabetes juga dapat berisiko terkena infeksi yang merusak pembuluh darah atau menghalangi aliran darah akibat pembengkakan karena memiliki sistem kekebalan yang lemah.