Find Us On Social Media :

Mengenal Diabetes Sekunder, Diabetes Tipe 3C yang Muncul Akibat Kerusakan Pankreas

Diabetes sekunder atau tipe 3C diakibatkan oleh kerusakan pankreas yang salah satu gejalanya adalah sering sakit perut.

GridHEALTH.id - Kita mungkin pernah mendengar tentang jenis diabetes yang lebih umum seperti tipe 1, tipe 2 dan gestasional. Namun sebenarnya masih banyak jenis diabetes lainnya yang belum begitu dikenal.

Contohnya diabetes tipe 3c atau diabetes sekunder yang berkembang karena kerusakan pankreas, yang dapat terjadi karena beberapa alasan berbeda. Dan meskipun berbeda dengan tipe lain, kita bisa mendapatkan diagnosis yang salah dari tipe 2 karena tipe 3c tidak diketahui dengan baik.

Tipe 3c dapat terjadi ketika pankreas berhenti memproduksi insulin yang cukup untuk tubuh. Padahal kita semua membutuhkan insulin untuk hidup.

Hal ini memungkinkan glukosa (atau gula) dalam darah kita untuk memasuki sel-sel kita dan bahan bakar tubuh kita. Jika kita menyandang diabetes tipe 3c, pankreas  juga akan berhenti memproduksi enzim yang kita butuhkan untuk mencerna makanan.

Kita hanya bisa terkena diabetes tipe 3c karena penyakit atau kondisi yang mempengaruhi pankreas.

Tipe 3c terkait dengan banyak kondisi lain, yang semuanya berkaitan dengan pankreas, seperti pankreatitis, kanker pankreas, cystic fibrosis dan hemokromatosis.

Baca Juga: Penyebab Paling Sering Berbagai Tipe Diabetes yang Perlu Diketahui

Baca Juga: Masih Jadi Pertanyaan Awam, Perlukah Menyikat Gigi Setelah Sarapan?

Kita juga dapat mengembangkan tipe 3c jika pankreas diangkat karena kerusakan lainnya.