Find Us On Social Media :

Cara Sederhana Mengontrol Stres Emosional Selama Kehamilan

Perubahan yang terjadi saat hamil bisa menyebabkan stres,

GridHEALTH.id - Ibu yang mengalami stres di saat hamil termasuk normal. Bagaimanapun, ini adalah pengalaman yang mengubah hidup yang melibatkan perubahan pada tubuh dan emosi.

Perubahan dengan sendirinya menyebabkan stres, dan ketika menghadapi hal yang tidak diketahui, pikiran kita mungkin memunculkan ketakutan dan pikiran tidak logis, yang hanya meningkatkan emosi.

Satu hal yang pasti adalah akan selalu ada perubahan dalam setiap aspek kehidupan kita, termasuk kehamilan, jadi hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk diri sendiri adalah menerimanya, merangkulnya, dan tetap tenang.

Cara terbaik untuk tetap tenang adalah dengan tetap berada di saat ini dan memperhatikan di sini dan saat ini dan bukan pada apa yang akan terjadi.

Tentu saja, itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Triknya sesederhana bernapas. Ketika kita mengambil napas dalam-dalam, kita  mengirim pesan ke otak untuk tenang dan rileks.

Otak kemudian menurunkan detak jantung, mengatur pernapasan, dan menurunkan tekanan darah, yang mengarah ke rasa relaksasi.

Baca Juga: Pertimbangkan Risiko Hamil Terlalu Cepat Setelah Operasi Caesar

Baca Juga: Healthy Move, Jumping Jack Olahraga Kardio Bisa Dilakukan Semua Umur

Setelah tubuh terasa rileks, kita cenderung melihat sesuatu dengan lebih jelas, membantu kita menilai penyebab stres yang menyebabkan tubuh bereaksi dengan cara yang membuat stres.