Find Us On Social Media :

Susah BAK dan BAB, Dua Keluhan Utama Pasca Bersalin, Ini Solusinya

Susah buang air besar dan buang air kecil (kencing) adalah dua keluhan utama pasca bersalin.

GridHEALTH.id - Buang air besar pertama dan buang air kecil usai melahirkan bisa sangat menyakitkan, bahkan lebih dari persalinan. Mengapa? Dilansir dari nakita.grid.id, dua hal ini terjadi akibat; 

- Ibu hamil cenderung mengalami sembelit selama berhari-hari sebelumnya

Setelah bayi lahir, dibutuhkan beberapa saat agar tubuh bisa sembuh dan melanjutkan proses normalnya, termasuk metabolisme dan pencernaan. Asupan obat dan dehidrasi juga berperan dalam sembelit pascapartum.

Pada ibu yang melahirkan melalui operasi sesar, hal ini dapat menjadi masalah umum, terutama karena anestesi telah hilang seluruhnya.

- Tidak menggunakan pelunak tinja

Ternyata, masih banyak ibu yang kurang perhatian terhadap penggunaan pelunak tinja setelah melahirkan. Padahal manfaatnya, pencernaan mereka akan lebih lancar dan tak begitu menyakitkan.

Konsumsilah pelunak tinja yang aman bagi ibu hamil beberapa saat sebelum persalinan berlangsung.

- Pada persalinan normal, ada ibu yang mengalami robekan vagina

Banyak perempuan yang melahirkan melalui persalinan normal harus mendapat tindakan episiotomi, atau pemotongan bedah daerah antara vagina dan anus untuk memperlebar jalan lahir.

Baca Juga: Infeksi Pasca Persalinan, Ini Dia Kelompok yang Berisiko Mengalami

Baca Juga: 6 Cara Membantu Si Kecil Melawan Obesitas Pada Anak, Panduan WHO

Vulva dan perineum robek juga bisa terjadi secara spontan saat persalinan. Mungkin juga karena luka yang belum kering, buang air besar menjadi hal yang begitu menakutkan bagi mereka.