Find Us On Social Media :

Pasien Omicron Bisa Dapat Obat dan Vitamin Gratis, Baru di Jabodetabek

Pasien Omicron isolasi mandiri di Jabodetabek dapat memperoleh obat dan vitamin gratis.

GridHEALTH.id - Kasus aktif Corona di Indonesia dalam sepekan terakhir meningkat signifikan.

Pada Senin (24/01/2022) menembus 20.867 kasus, setengahnya disumbang Provinsi DKI Jakarta.Menurut catatan Satgas Covid-19, dalam waktu yang sama, DKI Jakarta melaporkan 10.375 kasus aktif atau orang yang sedang menjalani perawatan Covid-19. Naik lebih dari seribu kasus, dari hari sebelumnya yakni 8.961 orang.

Melihat kondisi kasus aktif yang terus naik ini,  Kementerian Kesehatan menyatakan masyarakat yang terinfeksi Covid-19  dan sedang melakukan isolasi mandiri kini dapat memperoleh obat dan vitamin gratis melalui platform Telemedicine.

Tetapi, layanan ini baru bisa di Jabodetabek, dimanan nantinya pasien Covid-19 bisa mendapat obat gratis dan konsultasi gratis.

Layanan ini adalah kerja sama Kemenkes RI dengan beragam platform telemedicine. Bisa langsung mengakses 17 layanan telemedicine, beberapa di antaranya meliputi Aido Health,Alodokter, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia danYesDok.

Perlu diperhatikan, pasien Omicron yang bisa mendapat layanan telemedicine gratis perlu melakukan tes Covid-19 di lab yang terafiliasi Kementerian Kesehatan RI.

Jika hasilnya positif Covid-19, lab tersebut akan melaporkan data ke Kemenkes RI dan pasien otomatis mendapatkan pesan WhatsApp.

"Setelah dapat WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara Daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedicine.

Baca Juga: Risiko Kelahiran Prematur Lebih Banyak Pada Pasien Covid-19, Studi

Baca Juga: Begini Cara Mudah Mengatasi Bibir Pecah-pecah Tanpa Lip Balm

Caranya tekan link yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di link yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan, lalu memasukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis," tutur Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI, dalam keterangan resmi Senin (24/01/2022).

Jika sudah melakukan konsultasi, resep bakal  diberikan secara digital. Pasien Omicron bisa mengakses atau menebus obat tersebut melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat.