Find Us On Social Media :

Penyandang Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 Perlu Segera Vaksin Booster, Ini Prosedurnya

Vaksin Covid-19 dapat menghindari keparahan bila terinfeksi pada pasien diabetes.

GridHEALTH.id - Setiap tahun ribuan orang dewasa di dunia jatuh sakit karena penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin,  beberapa orang dirawat di rumah sakit, dan beberapa bahkan meninggal.

Orang dengan diabetes (baik tipe 1 dan tipe 2) berisiko lebih tinggi mengalami masalah serius dari penyakit tertentu yang dapat dicegah dengan vaksin.

Mendapatkan vaksinasi adalah langkah penting untuk tetap sehat. Jika menyandang diabetes, bicarakan dengan dokter  tentang mendapatkan vaksinasi up-to-date, termasuk booster Covid-19 yang sekarang sedang gencar dilaksanakan.

Mengapa vaksin Covid-19 penting bagi penyandang diabetes? Diabetes, bahkan jika dikelola dengan baik, dapat mempersulit sistem kekebalan untuk melawan infeksi, sehingga kita mungkin berisiko mengalami komplikasi yang lebih serius dari suatu penyakit dibandingkan dengan orang tanpa diabetes.

Beberapa penyakit, seperti influenza, dapat meningkatkan glukosa darah ke tingkat yang sangat tinggi.

Baca Juga: Bisakah Pasien Diabetes Menghentikan Obat? Bisa, Tetapi Tidak Untuk Selamanya, Kata Dokter

Baca Juga: Healthy Move, 6 Latihan Untuk Meningkatkan Kehidupan Seksual

Orang dengan diabetes memiliki tingkat hepatitis B yang lebih tinggi daripada populasi lainnya. Wabah hepatitis B yang terkait dengan prosedur pemantauan glukosa darah telah terjadi di antara penyandang diabetes.

Orang dengan diabetes berada pada peningkatan risiko kematian akibat pneumonia (infeksi paru-paru), bakteremia (infeksi darah) dan meningitis (infeksi pada lapisan otak dan sumsum tulang belakang).

Imunisasi memberikan perlindungan terbaik terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin.

Vaksin adalah salah satu cara teraman bagi kita untuk melindungi kesehatan, bahkan jika kita sedang mengonsumsi obat resep.

Saat ini vaksin Covid-19 disebut aman dan boleh diberikan untuk orang yang mengidap penyakit tertentu, termasuk diabetes.