Find Us On Social Media :

Perubahan Alami Pada Tubuh Bukan Penghalang Melakukan Seks di Usia Lansia

Perubahan alami karena penuaan bisa tetap melakukan hubungan seks.

GridHEATH.id - Banyak orang ingin dan perlu dekat dengan orang lain seiring bertambahnya usia.

Tetapi tubuh kita berubah, termasuk berat badan, kulit, dan otot, dan beberapa orang dewasa yang lebih tua tidak merasa nyaman dengan tubuh mereka yang menua.

Orang dewasa yang lebih tua, baik pria maupun wanita, mungkin khawatir bahwa pasangan mereka tidak akan lagi menganggap mereka menarik.

Masalah seksual terkait penuaan dapat menyebabkan stres dan kekhawatiran. Kekhawatiran ini bisa menghalangi kita menikmati kehidupan seks yang memuaskan.Lansia mungkin juga memiliki kekhawatiran tambahan tentang penyakit, pensiun, dan perubahan gaya hidup, yang semuanya dapat menyebabkan kesulitan seksual.

Ada banyak cara berbeda untuk berhubungan seks dan menjadi intim dengan pasangan. Ekspresi seksualitas kita dapat mencakup banyak jenis sentuhan atau rangsangan.

Bicaralah secara terbuka dengan pasangan, dan cobalah untuk tidak menyalahkan diri sendiri atau pasangan.

Kita mungkin juga merasa terbantu untuk berbicara dengan terapis, baik sendiri atau dengan pasangan.

Beberapa terapis memiliki pelatihan khusus dalam membantu masalah seksual. Jika merasakan perubahan dalam sikap pasangan terhadap seks, jangan berasumsi bahwa mereka tidak lagi tertarik pada kita atau pada kehidupan seks yang aktif.

Baca Juga: Faktanya Seks di Usia Lansia, Bisa Bikin Tetap Bugar dan Panjang Umur

Baca Juga: Asam Lambung Bisa Disembuhkan dengan Perubahan Gaya Hidup, Studi

Bicara tentang hal itu. Banyak hal yang menyebabkan masalah seksual pada orang dewasa yang lebih tua dapat dibantu.

Ini termasuk keinginan untuk melanjutkan kehidupan seks yang aktif dan memuaskan. Dengan bertambahnya usia, itu mungkin berarti menyesuaikan aktivitas seksual untuk mengakomodasi perubahan fisik, kesehatan, dan lainnya.