Find Us On Social Media :

Power Nap, Solusi Atasi Mengantuk di Siang Hari Saat Bulan Puasa

Power nap, cara atasi mengantuk siang hari di bulan puasa.

GridHEALTH.id - Di siang hari di saat bulan puasa, kita merasa sangat mengantuk. Tidak perlu khawatir, rasa kantuk di siang hari wajar terjadi karena tubuh lemas sehingga rasanya ingin tidur. Ini disebabkan oleh pola tidur kita yang berubah. Misalnya dari yang biasa bangun jam enam, kini harus bangun jauh lebih awal untuk sahur.

Bila mengantuk siang hari, coba manfaatkan “power nap”.  Power nap dikatakan sebagai tidur yang dapat mengembalikan tenaga, dan tentu saja dapat digunakan untuk salah satu cara singkat supaya tetap bertenaga saat kerja.

Ketentuannya ialah, tidur tersebut tidak boleh terlalu lama. Sebaiknya kurang lebih 25 menit sampai 30 menit saja. Supaya tidur tidak melebihi waktu apalagi sampai memakai jam kerja, karena itu gunakanlah alarm untuk penanda.Dengan langkah ini maka tenaga kitaa akan kembali refresh. Tetapi jika berlebihan, malah bisa berakibat buruk bagi badan. Sebab aktivitas biologis jadi terganggu, yang pada akhirnya justru mengurangi tenaga.  Ingat! Hanya kerjakan ini saat jam istirahat ya.

Power nap dan tidur nyenyak yang biasa dilakukan sama-sama bisa memberikan manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan kekuatan otak dan stamina tubuh. Tidur nyenyak bisa memberikan manfaat yang tahan lama, dibandingkan tidur siang ini.

Pasalnya, tidur nyenyak terjadi karena melewati keseluruhan proses tidur. Jadi, tidur nyenyak bisa membantu tubuh dalam meremajakan dan memperbaiki sel-sel tubuh.

Akibatnya, tidur nyenyak bisa meningkatkan daya ingat, energi, perbaikan otot dan jaringan, dan pelepasan hormon.

Meskipun begitu, tidur siang tetap kita butuhkan untuk menyegarkan pikiran, rileksasi tubuh, dan meningkatkan energi.

Baca Juga: Tidur Siang Secara Teratur Menjaga Otak Tetap Tajam, Fakta Atau Mitos?

Baca Juga: Covid-19 Memang Merajalela, Tapi WHO Tetap Menempatkan TBC Sebagai Penyakit Menular Paling Mematikan

Oleh karena selama tidur siang, otak melambat, suhu tubuh turun, sehingga otot menjadi rileks.

Power nap bisa menghilangkan rasa kantuk, meningkatkan kinerja dan produktivitas, dan menyegarkan pikiran.

Tidur siang ini juga bermanfaat bila ingin berkendara di siang hari dan mengantuk. Kita perlu tidur sejenak untuk menghindari risiko kecelakaan saat mengemudikan kendaraan bermotor. Tips tidur siang yang berkualitas dan menyegarkan tidak perlu membutuhkan waktu panjang.