Find Us On Social Media :

Kebanyakan Suplemen Ini Tingkatkan Risiko Kanker dan Stroke

Kelebihan suplemen dapat meningkatkan risiko kanker dan stroke.

GridHEALTH.id - Selama puluhan tahun, suplemen berupa vitamin dan makanan adalah pasar kesehatan yang sangat menggiurkan. Masyarakat juga giat mengonsumsinya.

Faktanya, enam suplemen vitamin dosis tinggi dapat membuat kita terkena berbagai masalah kesehatan yang serius, termasuk kanker dan stroke, Harvard Health memperingatkan.

Berbeda dengan obat-obatan, pasar suplemen tidak diatur dengan ketat oleh lembaga perizinan manapun di seluruh dunia.

Hal ini membuat konsumen lebih rentan menjadi produk yang salah mengonsumsi karena dijual bebas.

Penting untuk dicatat bahwa sebagian besar suplemen makanan aman tetapi beberapa dapat menimbulkan risiko kesehatan, terutama bila dikonsumsi dalam dosis tinggi.

Apa itu suplemen? Suplemen mencakup segala sesuatu mulai dari vitamin dan mineral hingga tumbuhan dan produk biosimilar (seperti yang disebut "hormon pria alami").Namun, untuk sebagian besar, orang menggunakan "suplemen" untuk mengartikan vitamin atau mineral individu atau multivitamin.Bukti manfaat mengonsumsi suplemen makanan sangat beragam. Namun, bukti yang menghubungkan suplemen makanan dengan masalah kesehatan menumpuk.

Harvard Health memberikan ikhtisar studi yang menghubungkan suplemen vitamin dosis tinggi dengan sejumlah masalah kesehatan.

Badan kesehatan mengawali penilaiannya dengan mengatakan: "Sebagian besar suplemen aman dikonsumsi, tetapi ada pengecualian."

- Vitamin E dosis tinggi dapat menyebabkan stroke yang disebabkan oleh pendarahan di otak

- Dosis tinggi beta karoten telah dikaitkan dengan risiko kanker paru-paru yang lebih besar pada perokok

- Ekstra kalsium dan vitamin D dapat meningkatkan risiko batu ginjal

- Vitamin K dapat mengganggu efek anti-pembekuan pengencer darah