Find Us On Social Media :

Mendengar Kabar Baik Juga Dapat Menyebabkan Serangan Jantung, Studi

Kabar baik maupun berita sedih dapat menimbulkan serangan jantung tiba-tiba.

GridHEALTH.id - Serangan jantung adalah salah satu kondisi medis paling menakutkan yang bisa diderita seseorang. Itu terjadi ketika bagian dari otot jantung tidak mendapatkan cukup darah.

Semakin banyak waktu yang berlalu tanpa pengobatan untuk memulihkan aliran darah, semakin besar kerusakan pada otot jantung. Mungkin ada beberapa alasan mendasar yang berbeda yang dapat memicu serangan jantung.

Profesor Ramazan zdemir, dekan Fakultas Kedokteran Universitas Bezmialem Vakıf, di Istanbul, Turki mengatakan bahwa penyakit kardiovaskular adalah kelompok penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak di dunia.

Penyakit jantung dulunya terlihat di atas usia tertentu, tetapi saat ini mereka menjadi jauh lebih umum dan bahkan dapat dilihat pada anak-anak.

"Situasi ini muncul dari kebiasaan masyarakat, kebiasaan makan dan tidak aktif. Terutama di era komputer, fakta bahwa anak-anak kurang bergerak dan terus-menerus mengkonsumsi makanan siap saji meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular," katanya dikutip dari kantor berita Anadolu Agency (25/04/2022).

Menjelaskan bahwa ada struktur yang disebut "plak" di pembuluh darah, zdemir menyatakan bahwa kenaikan hormon yang tiba-tiba dan berlebihan, stres yang tiba-tiba dan ekstrem, kegembiraan atau kesedihan yang tiba-tiba dapat menyebabkan plak ini pecah dan gumpalan terbentuk, menyebabkan serangan jantung.

Pada seseorang yang menerima berita yang sangat sedih atau sangat menyenangkan, serangan jantung mendadak dan kematian mendadak dapat terjadi sebagai akibat dari kenaikan mendadak hormon tertentu.

"Terutama adrenalin, dalam darah, pecahnya plak pada dinding jantung. pembuluh darah dan pembentukan gumpalan karena ini, dan kadang-kadang karena gangguan ritme," kata zdemir.

Jadi, kegembiraan dan kesedihan yang tiba-tiba dapat memiliki efek yang kurang lebih sama.

Baca Juga: Tekanan Darah Meningkat Saat Berdiri Dapat Menandakan Serangan Jantung dan Risiko Stroke di Masa Depan

Baca Juga: Tips Menjaga Stamina Saat Mudik Agar Tetap Fit Selama Perjalanan

"Peningkatan hormon jantung atau darah yang cepat dapat menyebabkan plak di pembuluh pecah, menyebabkan gumpalan dan menyebabkan serangan jantung. menyebabkan aritmia dan berakibat fatal. Tentu saja, Anda tidak dapat mengambil tindakan pencegahan terhadap kabar baik," katanya.