Find Us On Social Media :

Hati-hati Memilih Makanan untuk Anak, Berdampak Pada Kesehatan Mental

Makan makanan yang tepat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental anak.

GridHEALTH.id - Baik itu bullying atau body-shaming di sekolah hingga penggunaan media sosial, banyak faktor yang dapat memengaruhi kesehatan mental anak.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa nutrisi mempengaruhi perkembangan otak dan kesehatan mental anak-anak, lebih dari orang dewasa. 

Dikutip dari Children Wellness, ada tiga aspek yang menyoroti kesehatan mental anak, dan kaitannya dengan makanan;

1. Hubungan antara kesehatan mental dan nutrisi

Memiliki kesehatan mental yang positif penting bagi anak-anak karena secara langsung berdampak pada pendidikan, hubungan, dan pengambilan keputusan mereka.

Banyak anak tidak mengonsumsi buah dan sayuran dalam jumlah yang disarankan dan lebih bergantung pada makanan dengan gula tinggi, makanan yang dipanggang, dan makanan ringan. Apa yang dimakan anak-anak sangat penting untuk kesehatan mental mereka.

Menurut sebuah penelitian, siswa sekolah menengah yang mengonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan memiliki skor kesehatan mental yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Tidak hanya itu, siswa yang mengonsumsi sarapan seimbang memiliki skor lebih tinggi dibandingkan siswa yang hanya mengonsumsi minuman berenergi.

Jika pola makan anak sebagian besar terdiri dari junk food dan makanan olahan dengan asupan gula dan lemak yang tinggi, kemungkinan besar ia akan menghadapi masalah perilaku di masa depan.

Baca Juga: Perfeksionis Cenderung Memiliki Gangguan Kesehatan Mental, Studi

Baca Juga: Bersiap Menghadapi Persalinan? Kenali Dua jenis Obat Pereda Nyeri Saat Melahirkan

2. Faktor-faktor yang mempengaruhi pola pemilihan makanan anak