Find Us On Social Media :

Penyakit Infeksi Kelamin yang Bukan Karena Seks, Ini Penyebab dan Gejalanya

Inilah salah satu penyakit yang mengakibatkan infeksi kelamin pada wanita, meskipun tidak melalui hubungan seksual.

GridHEALTH.id - Membahas mengenai infeksi pada kelamin, yang terlintas selalu terkait tentang penyakit menular seks (PMS).

Padahal nyatanya infeksi kelamin juga bisa disebabkan bukan dari hubungan seksual, dan berikut ini beberapa jenis infeksi kelamin khususnya pada vagina yang tidak berasal dari penyakit menular seks (PMS).

Infeksi kelamin pada vagina biasanya disebabkan oleh adanya pertumbuhan berlebih dari organisme yang biasa terdapat di vagina dan tidak semuanya menularkan melalui seksual.

Umumnya infeksi kelamin pada vagina yang bukan berasal dari hubungan seksual diakibatkan oleh jamur dan bakteri.

Untuk infeksi kelamin pada vagina yang berasal dari jamur dikenal dengan infeksi kandidiasis dan untuk yang berasal dari bakteri adalah vaginosis bakteri.

Kandidiasis - Infeksi Kelamin pada Vagina Akibat Jamur

Kandidiasis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh jamur jenis candida dan biasa hidup di kulit dan di dalam tubuh wanita.

Keberadaan jamur candida ini umumnya dijumpai pada mulut, tenggorokan, usus, dan vagina, tanpa menimbulkan infeksi, namun jamur ini akan berkembang menjadi infeksi jika vagina mendorong perubahan pertumbuhannya.

Infeksi kelamin pada vagina akibat jamur candida ini biasanya dipengaruhi oleh hormon, obat-obatan, dan perubahan sistem kekebalan.

Kandidiasis vagina memiliki nama lain seperti kandidiasis vulvovaginal atau kandidiasis vaginitis, dan istilah umumnya adalah infeksi jamur vagina.

Gejala yang umum dijumpai adalah:

Baca Juga: 6 Penyakit Infeksi Kelamin Pria dan Gejalanya yang Sering Terjadi, Salah Satu Penyebabnya Gigitan Kutu