Find Us On Social Media :

Penularan Kutil Kelamin Bisa Karena Hubungan Seksual, Kondom Bisa Mencegahnya?

Kutil kelamin 90% disebabkan oleh hubungan seksual. Solsinya kondom?

GridHEALTH.id - Kutil kelamin atau sering disebut dalam dunia medis dengan Kondiloma, merupakan penyakit infeksi menular seksual yang disebabkan oleh virus.

Virus yang menyebabkan adalah virus HPV (Human papilloma virus), yang penularannya bisa karena kontak langsung dari hubungan seksual.

Hal tersebut ditegaskan oleh Spesialis Kulit dan Kelamin (Dermato-venereologi) Klinik Pramudia, dr Amelia Soebyanto, Sp.DV.

Menurutnya genital warts atau yang secara awam disebut kutil kelamin disebabkan oleh infeksi human papilloma virus (HPV).

Salah satu jenis infeksi menular seksual (IMS) ini, dapat ditularkan melalui hubungan seksual dengan pasangan.

"Dia (kutil kelamin) bisa ditularkan ke orang lain. Paling seringnya akan ditularkan melalui kontak seksual. Bisa melalui genital ke genital, bisa dari genital ke anal, maupun genital ke oral," paparnya dalam webinar, Rabu (15/6/2022).

Tak hanya itu, cara penularan kutil kelamin juga bisa melalui gesekan kulit ke kulit dari orang yang sudah terinfeksi.

"Jadi belum tentu harus melakukan penetrasi baru bisa ditularkan. Gesek kulit ke kulit atau dari kulit ke selaput lendir atau mukosa itu saja sudah menularkan virus ini ke orang lain," lanjut Amelia, dikutip dari Kompas.com (16/06/2022).

Tapi persentase penularan terbesar tetap dari hubungan seksual, "Memang (penularan kutil kelamin melalui) kontak seksual dikatakan sekitar 80 sampai 90 persen," imbuhnya.

Dianggap Sepele Masyarakat

Kutil kelamin masih suka dianggap sepele oleh masyarakay, karena dalam beberapa kasus tidak menimbulkan gejala yang berarti.

Baca Juga: 7 Penyakit Infeksi yang Sering Terjadi pada Anak, Banyak yang Mengancam Nyawa