Find Us On Social Media :

Jenis Stadium dan Tingkatan Kanker Payudara, Apa Perbedaanya?

Informasi aporan patologi dapat membantu pasien memahami detail tentang stadium kanker payudara.

GridHEALTH.id - Sel-sel kanker diberi nilai ketika mereka dikeluarkan dari payudara dan diperiksa di laboratorium.

Grade didasarkan pada seberapa banyak sel kanker terlihat seperti sel normal.

Nilai tersebut digunakan untuk membantu memprediksi hasil (prognosis) dan untuk membantu mengetahui perawatan apa yang paling berhasil.

Angka tingkat rendah (tingkat 1) biasanya berarti kanker tumbuh lebih lambat dan lebih kecil kemungkinannya untuk menyebar.

Angka tingkat tinggi (tingkat 3) berarti kanker yang tumbuh lebih cepat yang lebih mungkin menyebar.

Angka tingkat menengah (tingkat 2) berarti kanker tumbuh lebih cepat daripada kanker tingkat 1 tetapi lebih lambat dari kanker tingkat 3.

Menilai sel kanker payudara invasif

Tiga fitur sel kanker payudara invasif dipelajari dan masing-masing diberi skor. Skor tersebut kemudian ditambahkan untuk mendapatkan angka antara 3 dan 9 yang digunakan untuk mendapatkan nilai 1, 2, atau 3, yang dicatat pada laporan patologi pasien.

Kadang-kadang istilah berdiferensiasi baik, berdiferensiasi sedang, dan berdiferensiasi buruk digunakan untuk menggambarkan kelas alih-alih angka:

-   Grade 1 atau berdiferensiasi baik (skor 3, 4, atau 5). Sel-sel tumbuh lebih lambat, dan terlihat lebih seperti sel-sel payudara normal.

-  Derajat 2 atau berdiferensiasi sedang (skor 6, 7). Sel-sel tumbuh dengan kecepatan dan terlihat seperti sel di suatu tempat antara kelas 1 dan 3.

-  Derajat 3 atau berdiferensiasi buruk (skor 8, 9). Sel kanker terlihat sangat berbeda dari sel normal dan mungkin akan tumbuh dan menyebar lebih cepat.