Find Us On Social Media :

Bukan Cuma Gara-gara Makanan Manis, Ketahui Penyebab Lain Diabetes

Penyebab diabetes selain dari makanan

GridHEALTH.id - Selain dari makanan, ketahuilah penyebab diabetes lainnya yang jadi pemicu.

Apa Itu Penyakit Diabetes?

Diabetes melitus adalah penyakit kronis yang mengganggu kemampuan tubuh dalam mengolah gula (glukosa) darah menjadi energi.

Diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Berbagai hal, mulai dari faktor genetik hingga gangguan hormon insulin, dapat menjadi penyebab dari diabetes melitus.

Ada pula berbagai faktor risiko yang membuat seseorang menjadi lebih rentan terkena penyakit diabetes melitus.

Konsumsi makanan manis secara berlebihan memang dapat menyebabkan masalah kesehatan, yakni gula darah tinggi. 

Namun, makanan mengandung gula tersebut bukanlah satu-satunya penyebab orang dapat terkena diabetes.

Menurut Medical Affairs Kalbe Nutritionals, dr. Adeline Devita, penyebab lain juga karena konsumsi karbohidrat berlebih yang sifatnya sederhana atau mudah dipecah menjadi gula seperti nasi, roti dan mi.

Dia juga menyebut faktor penyebab orang terkena diabetes juga dapat disebabkan faktor keturunan atau genetik, ataupun gaya hidup yang sedenter, yakni yang bisa disebut juga malas gerak (mager).

"Lebih dari 80 persen diabetes khususnya yang disebut tipe 2 disebabkan gaya hidup yang sedenter atau jarang beraktivitas fisik,” kata Adeline dikutip dari Antara via Kompas.tv, Selasa (15/11/2022). 

Lebih lanjut dia mengatakan diabetes tidak hanya menyerang orang berusia di atas 40 tahun, tetapi bisa terjadi pada orang usia 25-30 tahun.

Penyebab dan Gejala Penyakit Diabetes

Adeline menjelaskan gejala klasik diabetes pada umumnya yaitu sering merasa lapar, haus, dan buang air kecil di malam hari.

 Baca Juga: Jangan Sampai Terlambat Penangannya, Orangtua Perlu Kenali Ciri-ciri Diabetes yang Terjadi Pada Anak