Find Us On Social Media :

4 Pantangan Penyakit Ambeien, Hindari Agar Kondisi Tak Makin Parah

Pantangan penyakit ambeien yang wajib dihindari, terlalu sering menyentuhnya.

GridHEALTH.id - Tak berbeda jauh dengan masalah kesehatan lainnya, penyakit ambeien juga memiliki pantangan yang tidak boleh dilakukan.

Apabila tetap memaksa melakukannya, maka siap-siap saja menghadapi risiko kondisi yang lebih parah dibanding sebelumnya.

Apa Itu Ambeien?

Orang awam mungkin mengenal penyakit ini dengan nama wasir. Orang yang mengalaminya akan merasakan ada benjolan di dalam atau sekitar anus.

Tak sampai di situ saja, melansir NHS, kondisi ini juga menyebabkan anus terasa gatal, terus-menerus ingin BAB meski sudah melakukannya, hingga bokong yang terasa nyeri.

Penyebab pasti dari kondisi ini sebenarnya tidak diketahui, tapi ada beberapa hal yang membuat pembuluh darah membengkak.

Misalnya sembelit atau susah buang air besar, mengejan dengan keras, angkat beban, dan karena kehamilan.

Ambien memang bisa membaik dengan sendirinya. Akan tetapi, selama proses penyembuhan terdapat pantangan bagi penyintas penyakit ambeien.

Hal yang Tak Boleh Dilakukan saat Wasir

Menghindari pantangan penyakit ambeien akan membantu membuat kondisi lebih cepat membaik, sehingga bisa kembali beraktivitas dengan nyaman.

Mengingat rasa sakit yang timbul karena wasir dapat mengganggu segala kegiatan yang sedang atau akan dilakukan.

Dilansir dari Medicine Net, berikut adalah beberapa pantangan penyakit ambeien.

1. Makanan berlemak dan rendah serat

Selama sedang melalui proses penyembuhan wasir, jangan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan rendah serat. Ini dapat memicu terjadinya sembelit.

 Baca Juga: Alami Ambeien Saat Hamil, Bisakah Ibu Melahirkan Secara Normal?