Find Us On Social Media :

Berapa Lama Penyakit Cacar Air Sembuh? Ini Tahap-tahap Penyembuhannya

Berapa lama penyakit cacar air sembuh?

GridHEALTH.idCacar air, atau chickenpox, adalah penyakit yang umumnya dialami selama masa kanak-kanak.

Sebagian besar kasus cacar air sembuh dengan sendirinya, tetapi proses penyembuhannya bisa berbeda-beda pada setiap individu.

Lantas, sebenarnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dari penyakit cacar air? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Fase awal dan periode inkubasi

Penyakit cacar air disebabkan oleh virus varisela-zoster dan memiliki periode inkubasi sekitar 10-21 hari setelah terpapar virus.

Gejala awal biasanya melibatkan demam, kelelahan, dan munculnya bintik-bintik merah kecil yang kemudian berkembang menjadi gelembung berisi cairan.

Fase pembentukan kulit

Selama beberapa hari pertama setelah munculnya bintik-bintik merah, gelembung-gelembung berisi cairan akan terus berkembang dan mulai mengering.

Pada fase ini, kulit yang terkena cacar air mungkin terasa gatal dan memerlukan perhatian ekstra agar tidak terinfeksi oleh bakteri.

Fase kerak dan kerak gugur

Setelah gelembung-gelembung mengering, mereka akan membentuk kerak. Proses pembentukan kerak bisa memakan waktu beberapa hari.

Jangan tergoda untuk menggaruk kerak, karena hal ini dapat meningkatkan risiko infeksi dan menyebabkan bekas luka.

Berapa lama penyakit cacar air sembuh?

Sebagian besar orang sembuh dari cacar air dalam waktu 1 hingga 2 minggu setelah munculnya gejala pertama.

Namun, setiap individu dapat memiliki tingkat keparahan yang berbeda-beda, sehingga proses penyembuhan dapat bervariasi.

Baca Juga: Dinilai Dapat Memperparah, Tapi Sebenarnya Bolehkah Mandi Saat Cacar Air?