Find Us On Social Media :

Setiap 3 Detik, 1 Orang Alami Demensia, Ini Cara Menjaga Otak Sehat

Rajin melakukan aktivitas fisik setiap hari mencegah demensia dan menjaga otak sehat.

GridHEALH.idDemensia merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsional yang seringkali disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak.

Baca Juga : Kanker Otak Dapat Serang Siapa Saja yang Sering Konsumsi 10 Makanan Enak ini

Demensia adalah kumpulan penyakit dengan gejala-gejala yang mana mengakibatkan perubahan pada pasien dalam cara berpikir dan berinteraksi dengan orang lain.

Seringkali, memori jangka pendek, pikiran, kemampuan berbicara dan kemampuan motorik terpengaruh.

Beberapa bentuk demensia mengubah kepribadian pasien dan memengaruhi otak sehat kita. Penderita demensia akan kehilangan kemampuan tertentu dan pengetahuannya yang telah didapatkan sebelumnya.

Hal inilah yang terutama membedakan dengan kondisi lainnya yang memengaruhi pikiran. Orang yang mengalami masalah pembelajaran, atau ber-IQ rendah tidak akan pernah memiliki kemampuan tertentu, tetapi orang yang terkena demensia akan kehilangan kemampuan yang telah didapatkannya.

Demensia biasanya terjadi pada usia lanjut. Beberapa jenis demensia dapat diperlambat kemundurannya.

Demensia telah diakui sebagai salah satu krisis kesehatan mengancam otak sehat yang paling signifikan di abad ke-21. Setiap 3 detik, 1 orang di dunia mengalami demensia.  Di Indonesia sendiri, sepanjang tahun 2016, ada sekitar 1,2 juta orang dengan demensia. Angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi 2 juta pada tahun 2030 dan 4 juta orang pada tahun 2050.

Baca Juga : Tips Ampuh Mengatasi Jet Lag Dengan Mengonsumsi Makanan Ini   Data Alzheimer’s Disease International World Alzheimer’s Report 2016 melaporkan kerugian ekonomi global akibat demensia diperkirakan mencapai triliunan rupiah.