Find Us On Social Media :

Hari Parkinson Sedunia: Kopi, Kacang & Ikan Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak

Memperingati Hari Parkinson Sedunia, secangkir kopi setiap hari ternyata dapat mencegah penyakit parkinson.

GridHEALTH.id - Penyakit melumpuhkan ini terjadi pada orang tua (antara usia 50 dan 65) ketika sel-sel otak mengalami kerusakan.

Baca Juga : Tangan Gemetar Bisa Jadi Anda Sedang Alami Hal Ini, Tidak Selalu Gejala Penyakit Parkinson

Bahan kimia alami otak 'dopamin' bertanggung jawab atas komunikasi sel saraf. Penyakit ini berkembang ketika otak tidak dapat memproduksi dopamin, dan mulai secara abnormal menyimpan protien yang disebut 'Lewy's Body' di substantia nigra, bagian yang mengendalikan gerakan.

Gejala penyakit ini adalah ada anggota tubuh yang sering bergetar (tremor), gerakan melambat, dan kekakuan otot yang berkembang secara bertahap selama bertahun-tahun. Dalam kebanyakan kasus penyebab parkinson tidak diketahui.

Memperingati Hari Parkinson Sedunia, berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan keterampilan kognitif dan kemampuan otak demi mencegah datangnya penyakit ini;

# Makanan serba ikan.  Penelitian yang dilakukan oleh Chalmers University of Technology Swedia, protein yang disebut parvalbumin - yang umum pada banyak spesies ikan - dapat meningkatkan kesehatan kognitif jangka panjang. Protein ikan menggunakan protein Parkinson untuk digunakan sendiri, mencegah mereka dari merusak sel-sel otak.

# Secangkir kopi. Dua studi yang diterbitkan dalam Journal of Frontiers in Neuroscience dan Prosiding National Academy of Sciences yang diterbitkan menjelang Hari Parkinson Sedunia menekankan pada pentingnya kopi dalam memerangi penyakit Parkinson. 

Baca Juga : Benarkah Dampak Diet Keto Ternyata Bikin Miss V Jadi Lebih Bau?

Jurnal ini menekankan, pada saat proses pemanggangan biji kopi, ketika kopi dipanggang akan menghasilkan Phenylindanes yang menghambat dua protein - beta-amiloid dan tau - dari penggumpalan.