Find Us On Social Media :

Bolehkah Makan Pedas di Saat Sahur? Ini Penjelasan Ahli

Makanan pedas tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur.

GridHEALTH.id - Penggemar masakan pedas, agaknya sukar meninggalkan kebiasaan itu. Sekalipun di bulan puasa.

Tapi, bolehkan tetap menyantap makanan pedas, terutama saat sahur? Sejatinya, saat puasa, menu makanan untuk sahur perlu diperhatikan.

Baca Juga: Sahur Dengan Mi Instan Memang Paling Praktis, Tapi Ini Risikonya Bagi Kesehatan

Apalagi sahur sangat penting bagi orang berpuasa. Selain memberikan energi, makanan sahur yang tepat juga mendukung kinerja organ di dalam tubuh tetap stabil.

Memang sih, makanan pedas yang menggunakan lada atau cabai, biasanya menggugah selera. Selain itu, studi menunjukkan bahwa kandungan capsaicin pada makanan pedas bisa meningkatkan energi yang dikeluarkan tubuh sehingga bisa membantu mengendalikan berat badan.

Akan tetapi, Kita perlu berhati-hati jika mengonsumsi makanan ini ketika sahur. Dilansir dari situs The National, Dr. Wafa Ayesh, seorang ahli nutrisi di Dubai Health Authority menyarankan untuk menghindari makan makanan pedas saat sahur.

Saluran pencernaan sangat sensitif dengan makanan pedas. Ini bisa menimbulkan gangguan pencernaan yang membuat puasa Kita jadi tidak nyaman.

Baca Juga: Alasan Penderita Diabetes Diminta Batasi Makan Kurma Saat Berbuka

Meski demikian Ayesh mengakui, efeknya dari satu orang ke orang lainnya mungkin tidak akan sama. Ini bergantung pada seberapa pedas makanan dan sensitivitas pencernaan pada makanan pedas.