Find Us On Social Media :

Nekad Tak Pakai Masker, Mantan Binaragawan Jadi Korban Virus Corona

Wanita Cina memakai masker.

GridHEALTH.id - Qiu Jun adalah veteran atlet binaragawan yang cukup terkenal di China. Namun pria tua berusia 72 tahun ini harus menemui ajal karena menjadi korban virus corona setelah menolak memakai masker saat keluar rumah. 

Baca Juga: Tidak Ditemukan Satupun Kasus Virus Corona di Indonesia Hingga Kini, WHO Malah Khawatir

 

Qiu Jun dilaporkan bertahan hanya empat hari di rumah sakit sebelum meninggal karena gejala seperti pneumonia fatal pada Kamis (6/2/2020).

Seperti dilansir The Daily Star, Qiu Jun mulai berolah raga ketika pensiun pada 2003. Ia dikenal sebagai juara binaraga dan dilaporkan menerima banyak hadiah dalam kategori senior.

Menurut menantu lelakinya, Hai, Qiu Jun mengunjungi keluarganya sebelum Tahun Baru Imlek, saat puncak wabah coronavirus.

Namun, meskipun telah diingatkan berulang kali, Qiu tak berhenti berolahraga dan terus pergi ke gym-nya sampai seluruh kota Wuhan diisolasi pada 23 Januari.

Ketika Qiu Jun mulai demam kronis, Hai dan istrinya mencoba membawanya ke Rumah Sakit Union Wuhan, tetapi mereka memilih pulang ke rumah karena kurangnya tempat tidur di rumah sakit, dan harus mengantri lebih dari 300 orang.

Baca Juga: Studi: Kurang Tidur Dapat Meningkatkan Risiko Diabetes Pada Dewasa

Pada 28 Januari, Qiu Jun melakukan cek lab dan didiagnosis menderita virus corona. Qiu Jun ditempatkan di ruang isolasi di Rumah Sakit Palang Merah Wuhan dan dinyatakan meninggal.