Find Us On Social Media :

4 Tanda Diluar Dugaan Bahwa Sebenarnya Sistem Imunitas Tubuh Menurun

Sering masuk angin dan flu adalah tanda sistem imunitas tubuh menurun.

GridHEALTH.id - Cara utama untuk menjauhkan virus corona yang mematikan dari tubuh kita adalah dengan menjaga sistem kekebalan tubuh kita sendiri agar melawan segala infeksi yang datang .

Sistem kekebalan yang melemah tidak hanya membuat kita lebih rentan terhadap penyakit pernapasan seperti Covid-19, yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, tetapi juga masalah kesehatan lainnya.

Spesialis Penyakit Dalam dari Rumah Sakit Universitas Ankara di Turki, Tevfik Rıfkı Evrenkaya mengatakan, unsur utama pertahanan yang kuat adalah makan makanan yang sehat dan seimbang, tidur yang cukup dan berkualitas, belajar mengelola stres, menghindari rokok dan alkohol, berolahraga secara teratur, menjaga berat badan yang sehat, dan memperhatikan kebersihan makanan serta kebersihan pribadi.

Namun adakalanya, sistem imunitas tuhuh bisa melemah. "Adalah mungkin untuk memahami jika sistem kekebalan tubuh sudah mulai melemah dengan memperhatikan beberapa sinyal dalam tubuh," kata Evrenkaya, menambahkan bahwa ada empat tanda yang harus diperhatikan bila sistem kekebalan tubuh yang goyah.

Baca Juga: 3 Cara Mudah Tingkatkan Sistem Imunitas Tubuh Untuk Melawan Penyakit

Baca Juga: Manfaat Buah Tanaman Pandan, Ternyata Bisa Mengusir Gangguan Lambung

1. Sering masuk angin

Sangat normal bagi orang dewasa untuk pilek sekali atau dua kali setahun. Namun, semakin sering masuk angin atau infeksi virus lainnya, mengalami lebih dari empat infeksi telinga atau dua kasus pneumonia atau lebih dari tiga episode sinusitis bakteri per tahun harus membunyikan bel alarm.

Menggunakan antibiotik jangka panjang dua kali setahun juga dapat menunjukkan bahwa tubuh mungkin tidak dilengkapi untuk memerangi mikroba yang telah terpapar.