Find Us On Social Media :

Cek Fakta, Manakah yang Lebih Sehat, Anggur Merah atau Anggur Hijau?

Semakin gelap warna buah anggur, semakin banyak mengandung zat-zat yang berguna bagi kesehatan.

GridHEALTH.id - Anggur buah kecil kaya manfaat, merupakan tanaman perdu asal Armenia (negara pecahan Soviet, tetangga Turki) yang dibudidayakan di Timur Tengah sejak 4000 SM.

Lalu, teknologi pengolahan anggur menjadiminuman (wine) pertama kali dikembangkan di Mesir pada 2500 SM.

Riset yang dilakukan Badan Pangan Dunia (FAO) tahun 1998 menyebutkan, kebiasaan orang Prancis minum anggur ternyata memberi efek positif bagi kesehatan mereka.

Meski pola konsumsi daging orang Prancis setara orang Amerika, kebiasaan minum anggur ini membuat potensi penyakit jantung dan gangguan kolesterol lainnya bisa dicegah atau diminimalkan.

Sedangkan untuk kecantikan, buah anggur dan olahannya terbukti bermanfaat mengencangkan kulit wajah, mengikis kesan kusam, sekaligus mencegah munculnya kerutan.

Produk fermentasi anggur dalam bentuk wine, berdasarkan uji laboratorium ternyata memiliki efek memperpanjang umur. Untuk memperoleh manfaatnya, cukup mengonsumsi 2-3 buah anggur setiap hari.

Baca Juga: 5 Minyak Alami Ini Ampuh dan Sehat Untuk Merawat Kulit Sensitif

Baca Juga: Vietnam Sukses 'Halau' Covid-19, Akankah Sukses Menghalau Virus DIV-1 yang Kini Menghantui?

Berikut zat-zat penting yang terkandung dalam buah anggur:

* Antioksidan (Vitamin E dan Vitamin C) mampu menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung dari perubahan yang membahayakan kesehatan.