Find Us On Social Media :

Ilmuwan Turki Buktikan Ribavirin Efektif Dalam Pengobatan Covid-19

Ilmuwan Turki telah membuktikan keefektifan ribavirin dalam mengobati Covid-19,

GridHEALTH.id - Ilmuwan Turki telah membuktikan keefektifan ribavirin sebagai obat Covid-19, Menteri Industri dan Teknologi Mustafa Varank mengatakan pada hari Senin (16/11/2020), dikutip dari The Daily Sabah.

Menurut menteri, para ilmuwan yang bekerja pada platform Covid-19 di Turki telah membuktikan keefektifan molekul ribavirin dalam uji coba pada hewan.

Para ilmuwan telah mendaftar ke Badan Obat dan Alat Kesehatan Turki (TITCK) untuk melakukan studi klinis Tahap 3 pada molekul tersebut, kata Varank kepada Parlemen Turki dalam pidatonya tentang rencana anggaran kementerian untuk tahun depan.

Ribavirin, juga dikenal sebagai tribavirin, adalah obat antivirus yang digunakan dalam pengobatan hepatitis C, serta demam berdarah akibat virus lainnya.

Menteri mengatakan molekul itu juga memiliki efek positif dalam mencegah infeksi pada orang yang terpapar virus, serta mengurangi penularan virus corona.

"Ilmuwan kami juga membuktikan dengan semua hasil eksperimen praklinis bahwa molekul Griffithsin yang identik dengan alam memiliki efek anti infeksi," kata Varank.

Ditemukan pada tahun 1971, ribavirin dimasukkan dalam daftar obat esensial Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan tersedia di seluruh dunia sebagai obat generik.