Find Us On Social Media :

Mukormikosis, Infeksi Jamur yang Dipicu Oleh Covid-19, Bisa Sebabkan Kebutaan

Penyebab mukormikosis banyak terdapat di alam dan terjadi pada daun, tumpukan kompos, tanah dan kayu yang membusuk.

GridHEALTH.id - Dokter di sebuah rumah sakit di New Delhi, India telah menemukan banyak kasus infeksi jamur mematikan "yang dipicu oleh Covid-19" dalam memulihkan pasien Covid-19, karena hampir setengah dari mereka kehilangan penglihatan.

Mukormikosis atau mucormycosis yang dipicu oleh Covid-19 menurut laporan terbaru, infeksi jarang terjadi tetapi bukan yang baru.

Mukormikosis, sebelumnya disebut zygomycosis adalah infeksi jamur yang serius tetapi jarang yang disebabkan oleh sekelompok jamur yang disebut mucormycetes. Namun, mukormikosis yang dipicu oleh Covid-19 memang hal baru.

Apa itu mukormikosis? Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, infeksi langka ini sangat mematikan dan dapat disebabkan oleh jamur yang berbeda.

Mukormikosis dapat menyebabkan penyakit akut, berkembang pesat, dan kadang-kadang fatal, sayangnya relatif jarang didiagnosis.

Ini sebagian besar mempengaruhi orang-orang dengan kondisi medis yang mendasari dan masalah kesehatan seperti penderita diabetes yang tidak terkontrol, kekebalan rendah, dll.

Baca Juga: Peru Hentikan Program Penyuntikan Vaksin Covid-19 dari China Setelah Ditemukan Gangguan Saraf

Baca Juga: Alasan Mengapa Kebanyakan Gula Bisa Menyebabkan Peradangan Dalam Tubuh

Infeksi mematikan juga disebut sebagai Black Death dan penyakit Zombie tetapi telah diabaikan oleh kalangan medis karena banyak ahli kesehatan dan dokter menyatakan bahwa istilah tersebut dapat menyebabkan kesalahpahaman antara pasien, keluarga mereka, dan masyarakat, dan tidak menghormati orang yang terinfeksi.