Find Us On Social Media :

Tekanan Darah Pada Lansia Mulai Turun 14 Tahun Sebelum Kematian, Studi

tekanan darah pada orang tua secara bertahap mulai menurun sekitar 14 tahun sebelum kematian.

GridHEALTH. id - Penurunan tekanan darah pada orang dewasa lanjut usia merupakan indikasi kematian dini, sebuah penelitian memperingatkan.

Menurut University Of Connecticut di Mansfield, peneliti AS, yang melakukan penelitian, tekanan darah pada orang tua secara bertahap mulai menurun sekitar 14 tahun sebelum kematian.

Para peneliti dari UConn Health dan University of Exeter Medical School di Inggris melihat catatan medis elektronik dari 46.634 warga Inggris yang meninggal pada usia 60 tahun atau lebih.

Ukuran sampel termasuk orang-orang yang sehat serta mereka yang memiliki kondisi seperti penyakit jantung atau demensia.

Temuan menunjukkan bahwa penurunan tekanan darah paling tajam pada pasien dengan demensia, gagal jantung, penurunan berat badan di akhir kehidupan dan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi untuk memulai.

Tetapi penurunan jangka panjang juga terjadi tanpa adanya diagnosis ini. Penulis studi George Kuchel dari University of Connecticut mengatakan bahwa penelitian ini menyoroti pentingnya melakukan penelitian yang mengevaluasi pasien yang lebih tua.

Baca Juga: Penyakit Lansia, Cara Mencegah Cedera Tulang Akibat Jatuh di Rumah

Baca Juga: Bolehkah Memadukan Dua Vaksin Covid-19 yang Berbeda Pada Suntikan Pertama dan Suntikan Kedua? WHO Beri Saran Ini

Temuan ini harus membuat dokter dan peneliti hati-hati mempertimbangkan apa arti penurunan tekanan darah bagi pasien yang lebih tua.