Find Us On Social Media :

4 Pengobatan Rumahan Untuk Mendapatkan Kembali Indra Penciuman Secara Alami Pasca Sembuh dari Covid-19

Rutin minum jahe, salah satu cara mengembalikan indra penciuman yang hilang karena Covid-19.

GridHEALTH.id - Pandemi akibat Covid-19 telah mempengaruhi orang yang berbeda dengan cara yang berbeda.

Sementara beberapa orang dengan virus corona mendapatkan gejala, yang lain tidak.

Gejalanya juga bervariasi tergantung pada tingkat keparahan, tetapi yang umum termasuk demam, sakit tubuh, kehilangan penciuman dan rasa, kedinginan, sesak napas.

Kehilangan penciuman penuh atau sebagian (atau dikenal sebagai anosmia) adalah salah satu gejala Covid-19 yang paling awal dan paling sering dilaporkan.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Internal Medicine edisi April 2020,  disfungsi penciuman (yaitu hilangnya penciuman atau rasa) lebih umum terjadi pada kasus Covid-19 ringan dan dibutuhkan sekitar 21,6 hari untuk pulih darinya.

Studi ini juga mengungkapkan bahwa 95% pasien memulihkan indra penciuman mereka pada 6 bulan pasca infeksi.

Baca Juga: Studi: Di Antara Beragam Gejala Covid-19 yang Terus Bermunculan, Kehilangan Indra Pencium Jadi Gejala Paling Khas

Baca Juga: 5 Olahraga untuk Penyandang Diabetes Lansia Agar Sehat dan Bugar

Jika mengalami anosmia karena Covid-19 atau alasan lain, berikut adalah empat solusi pengobatan rumahan yang bersifat alami untuk membantu mendapatkan kembali indra penciuman;

1. Pelatihan bau

Ada intervensi medis untuk anosmia tergantung pada penyebabnya, tetapi dokter juga merekomendasikan pelatihan penciuman sebagai strategi tambahan di rumah.