Find Us On Social Media :

Sarapan Terbaik untuk Dikonsumsi Oleh Penyandang Penyakit Jantung

oatmeal adalah salah satu sarapan paling sehat yang bisa dipilih oleh para penyandang penyakit jantung.

GridHEALTH.id - Penyakit jantung harus selalu ditanggapi dengan serius, terutama karena banyak orang  yang berisiko tanpa menunjukkan gejala awal. Tiba-tiba bisa kena serangan jantung yang berakibat fatal, hingga kematian.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 47% populasi dunia usia dewasa memiliki setidaknya salah satu faktor risiko utama untuk mengembangkan jenis penyakit ini, yang meliputi merokok, tekanan darah tinggi, dan gula darah tinggi.

Bagi mereka yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung atau sudah terkena penyakit jantung, pemilihan makanan yang tepat dapat sangat membantu mengurangi risiko fatal dari penyakit tersebut. Ini terutama berlaku untuk makanan untuk memulai hari, yaitu sarapan.

"Untuk sarapan, kita memiliki kesempatan untuk memulai hari baru ke arah yang baru untuk kesehatan dan kesejahteraan, karena apa yang kita konsumsi di di pagi hari biasanya menentukan untuk sisa hari Anda dalam hal untuk pilihan makanan dan kesehatan yang Anda buat," kata Trista Best, MPH, RD, LD, ahli diet dan pakar nutrisi dari kilinik Mayo.

Best lalu merekomendasikan sarapan terbaik untuk dikonsumsi oleh penyandang penyakit jantung sebagai berikut;

1. Oatmeal

Menurut Best, oatmeal adalah salah satu sarapan paling sehat yang bisa dipilih karena kandungan seratnya yang tinggi dan nutrisi yang menyehatkan jantung seperti vitamin B, seng, dan magnesium.

"Serat membantu mengurangi kolesterol dengan mengikatnya dan mengeluarkannya dari tubuh," kata Best.

"Sementara juga memberi makan bakteri baik di usus, yang dapat membantu menjaga kesehatan area lain seperti berat badan, glukosa, dan peradangan yang akan memperburuk kondisi jantung potensial."

Baca Juga: Gaya Hidup Sehat Dimulai Sejak Rutin Sarapan, Ini Manfaatnya

Baca Juga: Jangan Khawatir, Anak Dengan Diabetes Bisa Memiliki Masa Depan Cerah

Untuk membuat oatmeal sesehat mungkin, Best merekomendasikan menggunakan oat polos dan menambahkan topping sehat seperti kacang atau buah.